Pemerintahan

Pemkab Pemalang Terus Berupaya Cari Solusi Atasi Masalah Sampah, Kesehatan Wargapun Jadi Prioritas

×

Pemkab Pemalang Terus Berupaya Cari Solusi Atasi Masalah Sampah, Kesehatan Wargapun Jadi Prioritas

Sebarkan artikel ini
Plt Bupati Pemalang
Plt Bupati Pemalang beserta Dinas terkait dan Lurah Bojongbata lakukan sidak di TPS yang berada di Jln. Anggur Kelurahan Bojongbata, Selasa ( 23/5/2023 ) siang.

Pemalang, LENSANUSANTARA.CO.ID – Hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Pemalang terus berusaha dan berupaya dengan mencari solusi terbaik dalam mengatasi masalah sampah yang akhir – akhir ini menjadi permasalahan yang cukup serius dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang.

Hal ini diawali dari penolakan atau blokade yang dilakukan oleh warga Dukuh Pesalakan, Desa Pegongsoran, Kabupaten Pemalang beberapa pekan lalu melakukan aksi penutupan Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Example 300x600

Imbas daripada penutupan TPA tersebut terjadi penumpukan serta banyak sampah berserakan di beberapa Tempat Pengolahan Sampah (TPS) yang ada di Kabupaten Pemalang saat ini.

Tak tinggal diam, Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat bersama dinas terkait beberapa kali telah melakukan sidak di beberapa TPS. Salah satunya di TPS yang berada di Jln. Anggur, Kelurahan Bojongbata, Selasa (23/5/2023).

BACA JUGA :  Dirut PT. BBM dan PT. LAS, Apresiasi Polda Jateng Atas Keberhasilannya Ungkap Perdagangan Orang di Pemalang

Disela kegiatan tersebut, Plt Bupati Pemalang bersama dinas terkait dengan didampingi oleh Lurah Bojongbata mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui dinas – dinas terkait termasuk di bantu oleh Satpol PP terus melakukan langkah – langkah dalam penanganan sampah tersebut hingga saat ini.

“Kami terus fokus mencari solusi dan melakukan langkah – langkah terbaik dalam mengurai masalah ini. Berbagai langkah terus kita tempuh, baik pendekatan dengan warga yang berada di sekitar TPA, serta dengan mendatangkan alat berat, dan penyemprotan cairan EM4 untuk membunuh bakteri sudah kita lakukan,” ungkap Mansur Hidayat.

Lebih lanjut dikatakan oleh Mansur Hidayat, bahwa sebelumnya dirinya juga sudah melakukan rapat guna membahas penanganan sampah tersebut.

BACA JUGA :  Kebakaran di TPA Pesalakan Pemalang, Damkar Masih Berupaya Padamkan Api

“Selain mendatangkan beberapa alat berat untuk mengatasi sampah di TPA Pesalakan, Pemerintah Kabupaten Pemalang juga telah membahas sekaligus mempersiapkan layanan kesehatan bagi warga sekitar TPA, sekaligus termasuk polusi udara yang dikeluhkan oleh warga di sekitar lokasi tersebut hal ini dibahas dalam rapat bersama dinas terkait di Ruang Rapat Setda kemarin,” pungkasnya.

Sementara itu dikatakan oleh Lurah Bojongbata, Legiman saat turut mendampingi Plt Bupati Pemalang bersama jajaran saat sidak di TPS Bojongbata, dirinya mewakili warga Bojongbata sangat berharap bahwa apa yang tadi sudah disampaikan Plt Bupati Pemalang saat ini mudah – mudahan segera terealisasi.

BACA JUGA :  Study Tour Tahun Ajaran 2023 SMAN 1 Bantarbolang Pemalang Batal, Wali Murid Berharap Uang Iuran Segera Dikembalikan

“Semoga TPA yang berada di Dukuh Pesalakan besok pagi bisa dibuka kembali, sehingga aktivitas pengangkutan sampah oleh dinas terkait dapat berjalan lancar, selanjutnya kedepan di tiap – tiap TPS yang ada di Desa atau Kelurahan sudah bisa memiliki alat pengolahan sampah sendiri, sehingga tidak harus membuang sampah ke TPA. Dan yang terakhir ini menjadi tanggung jawab kita bersama terkait persoalan sampah, kami berharap masyarakat tertib, buang sampah ke dalam bak jangan membuang sampah di bahu jalan,” ucap Legiman menutup wawancara kepada kami awak media. (Alwi Assagaf)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.