Berita

Pelaksanaan Latsitardanus XLIII 2023 di Pasaman Berjalan Baik dan Berdampak Positif

×

Pelaksanaan Latsitardanus XLIII 2023 di Pasaman Berjalan Baik dan Berdampak Positif

Sebarkan artikel ini
Bupati Pasaman
Benny Utama, Bupati Pasaman (Tengah) Kapolres AKBP Yudho Huntoro (Kiri) dan Komandan Yontarlat III/Elang Letkol. Pnb. Ari Susiono, S.E, (Kanan) meninjau kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusanta (Latsitardanus) XLIII 2023 di Kecamatan Lubuk Sikaping dan Bonjol, Rabu (25/5).

Pasaman, LENSANUSANTARA.CO.ID – Benny Utama, Bupati Pasaman bersama Kapolres AKBP Yudho Huntoro dan Komandan Yontarlat III/Elang Letkol. Pnb. Ari Susiono, S.E, meninjau kegiatan Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusanta (Latsitardanus) XLIII 2023 di Kecamatan Lubuk Sikaping dan Bonjol, Rabu (25/5).

“Secara umum pelaksanaan Latsitarda di Pasaman berjalan baik. Pembauran para Taruna dengan induk semang tempat tinggalnya, juga berlangsung harmonis,” ujar Bupati Benny Utama, di sela-sela kunjungan di Kecamatan Bonjol.

Example 300x600

Bupati mengawali kunjungan di kantor Camat Lubuk Sikaping, Benny Utama menyaksikan kegiatan donor darah yang diikuti sejumlah Taruna Taruni dari Kompi A dan B Latsitardanus Pasaman.

Donor darah itu sendiri digelar PMI Cabang Pasaman, yang diketuai Sabar AS, yang juga Wakil Bupati Pasaman, dibantu tenaga medis dari Puskesmas Lubuk Sikaping dan Puskesmas Sundatar.

BACA JUGA :  Saat Ingin Konfirmasi Tentang Pungutan PTSL Dua Wartawan Dianiaya Warga Desa Lengah Sari

Selain para Taruna, para pendonor juga datang dari unsur pelajar Sekolah Menengah Atas Lubuk Sikaping serta Wali Nagari se-Kecamatan Lubuk Sikaping.

Beberapa lokasi rumah induk semang tempat tinggal peseta latsitarda di Kecamatan Bonjol, ditinjau Bupati Pasaman dan Kapolres, didampingi Danyontarlat III Elang, Rabu siangnya.

Seperti halnya rumah milik Bunga yang berlokasi di Pasar Bonjol. Lima orang Taruna yang ‘nginap’ di rumah induk semang, tampak menyatu dengan keluarga Bunga dan sang Suami W. Datuak Ngamuak, juga anak-anaknya.

BACA JUGA :  Hadiri Safari Ramadhan Pemerintah Nagari Aia Manggih Selatan, Ini Pesan Wakil Ketua DPRD Pasaman

Dalam peninjauan jelang jadwal makan siang tersebut, terlihat di meja makan bagian belakang Rumah Bunga sudah terhidang aneka lauk pauk ‘plus’ kerupuk udang dan kerupuk melinjo dalam dua toples plastik.

“Alhamdulillah anak-anak Taruna terlihat menyatu dengan induk semangnya, dan tuan rumah juga tampak senang menjamu para taruna,” sebut Bupati Benny Utama.

Beberapa pemondokan induk semang lainnya di Bonjol, ikut dikunjungi.

Untuk diketahui, Peserta Latsitardanus dari Kompi C dan Kompi D di Kecamatan Bonjol,l berjumlah 90 orang, yang merupakan Taruna Taruni gabungan dari Akademi TNI (AD, AU, AL), AKPOL, IPDN dan Politeknik BSSN.

BACA JUGA :  Oknum Perangkat Desa Pekalangan Tenggarang Diduga 'Sunat' BLT Warga Miskin

“Kompi C berjumlah 45 orang dan Kompi D 45 orang,”, ujar Kapten Marinir Shobirin, Danki C.

Dalam kunjungan itu, sesekali terlihat Bupati maupun Kapolres berdialog dengan para Antap (Pengasuh) dan Taruna yang dijumpai.

Diakhir kunjungan, Bupati Benny Utama berharap pelaksanaan Latsitardanus akan memberikan dampak positif bagi Kabupaten Pasaman, terutama dalam memotivasi pelajar dan generasi muda daerah ini mau membangun dan lebih mengembangkan dirinya, menjadi manusia unggul, punya dedikasi dan hidup disiplin. (Ghani)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.