Pemerintahan

Pemkab Tapsel Peringati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, Dandim 0212/TS Jadi Irup

×

Pemkab Tapsel Peringati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, Dandim 0212/TS Jadi Irup

Sebarkan artikel ini
Dandim 0212/Tapanuli Selatan
Dandim 0212/TS Letkol. Inf. Amrizal Nasution pimpin upacara Harlah Pancasila Tahun 2023, di Komplek Perkantoran Pemkab Tapsel, Sipirok, Kamis 01/06/2023 (Foto : Dok Prokopim Tapsel)

Tapanuli Selatan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0212/Tapanuli Selatan Letkol Inf Amrizal Nasution mengatakan, menjaga keutuhan dan kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan tanggungjawab kita bersama, ujar Dandim saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) Hari Lahir Pancasila di Lapangan Parade, Komplek Perkantoran Pemerintah Tapanuli Selatan, Sipirok, Kamis (1/6/23).

“Untuk memaknai Pancasila, berbagai cara dapat dilakukan, salah satunya dengan mempelajari nilai yang terkandung dalam sila Pancasila, kemudian menerapkan nilai Pancasila, menyikapi permasalahan dengan bijaksana serta bangga akan budaya dan adat istiadat,” sebut Dandim.

Example 300x600

Disamping itu, dengan adanya Pancasila permasalahan seperti konflik sosial, perang saudara dan perbedaan pendapat lainnya dapat dihindari.

BACA JUGA :  Bupati Tapsel Bayar Zakat Fitrah Keluarga di Masjid Al-Hasanah

“Dengan dilakukannya upacara ini, juga diharapkan dapat meneguhkan komitmen kita agar lebih memahami, mendalami, menghayati serta mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” imbuhnya.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, perdamaian, persatuan, toleransi serta juga persaudaraan dan cinta tanah air merupakan hal paling penting dalam menjaga keutuhan serta kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

BACA JUGA :  Masuk Kerja Pasca Cuti Lebaran, Bupati Tapsel Lakukan Kunjungan ke Beberapa OPD

Apalagi mengingat maraknya berita hoax yang bertebaran pada media sosial. Dandim mengingatkan kepada seluruh peserta upacara agar kiranya tidak mudah terpengaruh pada berita bohong tersebut, karena berita hoax bisa saja menjadikan perpecahan antara masyarakat.

“Maka dari itu, kita jangan terlalu cepat termakan oleh isu. Periksa dahulu apa pun itu sebelum dibagikan kepada orang lain,” ujarnya.

Dengan adanya Pancasila dapat menjadikan keberagaman serta pandangan yang berbeda menjadi satu tujuan untuk kemajuan dan kesejahteraan Indonesia.

BACA JUGA :  BPKAD Bojonegoro : Silpa APBD 2022 Adanya Transfer Kurang Bayar DBH Migas Akhir Tahun

Turut hadir, Forkopimda Tapsel, Pj Sekda, para Asisten, Staf Ahli Bupati, pimpinan OPD Kepala Bagian, Ketua DWP Tapsel, pengurus TP PKK Tapsel dan para peserta upacara yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Satpol PP, ASN, OKP dan para Pelajar di Tapsel. (A Hanafi Nst)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.