Pemerintahan

Tingkatkan Ketahanan Pangan Hewani, Pj Bupati Kampar Lakukan Panen Ikan Jelawat di Desa Sawah

×

Tingkatkan Ketahanan Pangan Hewani, Pj Bupati Kampar Lakukan Panen Ikan Jelawat di Desa Sawah

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Kampar

Kampar, LENSANUSANTARA.CO.ID – Dalam Rangka Meningkatkan Ketahanan Pangan Hewani, Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, S.E, M.M melakukan panen ikan Lomak (Ikan Jelawat) bersama masyarakat di Desa Sawah Kecamatan Kampar Utara, Kabupaten Kampar, Selasa (13/6/2023).

Tampak Hadir, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kampar Zulfahmi, S.Pi, Camat Kampar Utara Riska Jonita, S.STP, M.Si, Kepala Desa Sawah Edi Wiranata dan seluruh Kepala OPD serta Ninik Mamak tokoh agama, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Example 300x600

Dalam Sambutannya, Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus mengatakan bahwa dirinya bersyukur dan merasa sangat senang sekali melihat Camat Kampar Utara dan Kades Sawah serta masyarakat di Kampar Utara sangat bersemangat dalam panen serta membudidayakan ikan ini.

“Ini sangat bagus, karena mengoptimalisasi lahan tidur ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Sawah,” katanya.

Ia juga mengatakan, kegiataan ini harus dicontoh dan disampaikan ke desa-desa lainnya karna ini bisa membantu masyarakat karna stunting di Kabupaten Kampar terdapat sebanyak 642 orang, dengan adanya program serta inovasi dari desa atau dari kecamatan ini bisa mengurangi stunting di Kabupaten Kampar, kalau bisa nol Stunting.

BACA JUGA :  Pemkot Tanjungbalai Akan Mengecat Trotoar di Kota Tanjungbalai

“Stunting 642 ini, saya berharap bisa teratasi , maka dari itu, desa-desa yang ada di Kabupaten Kampar ini lakukanlah upaya-upaya yang bermanfaat untuk masyarakat dan dibagikan dengan tepat sasaran, sehingga masyarakat bisa merasakan program-program ini bukti nyata. Pemerintah tidak diam untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kampar khususnya di Kecamatan Kampar Utara,“ bebernya.

“Saya berharap ini dapat dilanjutkan dan terus bersemangat dalam rangka untuk bagaimana bisa menstabikan angka inflasi juga,” harapnya.

Ia juga menambahkan, melihat ditahun 2022 ada 14 desa mandiri, jadi berharap ditahun 2023 ini bisa bertahap menjadi desa mandiiri semua, inovasi-inovasi yang didukung oleh masyarakat inilah yang membuat desa itu menjadi mandiri.

“Harapan kami acara pada sore ini warga yang ada di Desa Sawah dapat menikmati hasil panen ikan jelawat ini, dan saya yakin dengan adanya seperti ini masyarakat selalu bersemangat untuk melanjutkan program ini, karna program ini juga dibagikan untuk masyarakat di Desa Sawah Kecamatan Kampar Utara,” tutupnya.

Dalam hal tersebut, Camat Kampar Utara Riska Jonita, S.STP menyampaikan mengapresiasi atas kehadiran Pj Bupati Kampar yang berkenan hadir ditengah masyarakat dalam rangka Panen Budidaya Ikan Jelawat.

BACA JUGA :  Wakil Ketua DPRD Kampar, Fahmil: Pemerintah Harus Fokus Perhatikan Petani Padi Sawah Agar Produksi Bisa Meningkat

“Kegiatan pada hari ini salah satu inovasi kecamatan kampar utara, yang mana program ini merupakan dari Dana Desa dari pembibitan serta pakannya,” ungkapnya.

Selanjutnya, di Desa Sawah dibangun komitmen untuk menggunakan dana ketahanan pangan untuk mengoptimasisasi lahan tidur yang ada di Kecamatan Kampar Utara.

“Lahan tidur ini sudah kami optimalisasi dan berkordinasi dengan Bapak Syahrul Aidi Ma’azat yang mana lahan tidur di Kecmaatan Kampar utara ini lebih kurang 30 Hektar. Maka dari itu Optimalisasi lahan tidur ini sudah dikordinasi semoga ini dapat terealisasikan untuk kepentingan masyarakat Kampar utara,” terangnya.

“Untuk itu saya sampaikan kepada bapak Pj Bupati Kampar panen kita hari ini 6.7 Ton dengan lebih kurang 1.300 ekor ikan, alhamdulilalh berhasil atas kerja keras masyarakat Desa Sawah, semoga ini berlanjut kedepannya dan masyarakat tetap selalu bekerja keras demi kesejahteraan masyarakat bersama,” pungkasnya.

Dalam hal tesebut, Kades Sawah mengatakan pihaknya mengucapkan ribuan terimaksih kepada Dinas PMD, Camat Kampar Utara, PUC dan pendamping lokal desa, dengan hasil kordinasi dan sinergi kegiatan ini telah dilaksanakan kami mengucapkan terimakasih.

BACA JUGA :  Sambut Ramadhan 1445 H, Kepala Bapenda Kampar Kembali Beri Bantuan Kepada Petugas Kebersihan

“Ikan jelawat ini merupakan program desa dari kecamatan kampar utara, dengan bersemangatnya masyarakat maka mendapatkan hasil yang baik, seperti yang kita lakukan panen ikan hari ini,” tuturnya.

Sedangkan tujuan kegiatan ini merupakan supaya dapat mencapai ketahaan pangan dan mencapai gizi untuk masyarakat, dan membudidayakaan ikan di Desa Sawah serta meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Untuk itu, terimakasih dari pihak semua tas kerja sama ini kita dapatkan hasil yang baik sehingga bisa dirasakan dan dibagikan oleh masyarkaat desa sawah,” paparnya.

“Hari ini kita dapat panen 1.5 kilo bobot per ekor ikan , ini sangat luar biasa untuk pekerja pekerja yang berusaha selalu untuk mengoptimalisasi lahan tidur contoh nya membudidayakan ikan Jelawat ini,” Imbuhnya.

Akhir acara tersebut, Pj Bupati Kampar melakukan Panen Ikan Jelawat bersama seluruh masyarakat dan Kepala OPD serta Forkopimcam Kampar Utara. (Das)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.