Berita

Kunjungi Bondowoso, Anggota Komisi IX DPR RI H. Anas Tahir Sosialisasikan Peluang Kerja Luar Negeri dan Migrasi Aman

×

Kunjungi Bondowoso, Anggota Komisi IX DPR RI H. Anas Tahir Sosialisasikan Peluang Kerja Luar Negeri dan Migrasi Aman

Sebarkan artikel ini
Anggota Komisi IX DPR RI
Anggota Komisi IX DPR RI H. Anas Tahir bersama H. Slamet Gusti Purwanto serta BP2MI Jatim dan Disnakertrans Kab. Bondowoso saat sosialisasi TKI dan Migran Aman. (Foto: Komisi IX DPR RI. F-PPP)

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID –  Anggota Komisi IX DPR RI H. Anas Tahir menggandeng Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), menggelar sosialisasi kepada masyarakat tentang Peluang Kerja Luar Negeri dan Migrasi Aman. Kegiatan tersebut bertempat di Desa Dadapan, Kecamatan Grujugan Bondowoso. Kamis  (20/7/2023).

H. Anas Tahir mengatakan kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat, serta menambah wawasan dan pengetahuan tentang prosedur menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri maupun menjadi Migran ke luar daerah secara legal.

Example 300x600

“Bilamana ada anggota keluarga masyarakat yang akan diberangkatkan untuk bekerja ke luar negeri, hendaknya melalui cara prosedural bukan dengan cara ilegal,” kata H. Anas Tahir.

BACA JUGA :  Kasdam V/Brawijaya Tinjau Pangkalan Makodim 0822 Bondowoso

Pemerintah, kata H. Anas Tahir, telah menyiapkan sarana dan akses bagi masyarakat yang hendak menjadi TKI ataupun Migran secara legal.

“Misal ada orang kerja di luar negeri atau jadi migran tapi ilegal, nanti kalau ada permasalahan yang repot dia sendiri kan,” ujarnya.

Oleh karenanya, dia mengimbau masyarakat yang hendak menjadi TKI ataupun migran ke luar daerah agar supaya mendaftarkan diri kepada Dinas terkait seperti Dinas Ketenaga Kerjaan.

“TKI atau migran kalau berangkat dengan cara prosedural atau legal, pemerintah juga punya tanggung jawab memberi perlindungan jika ada suatu hal masalah di luar,”  ujar anggota fraksi PPP itu.

BACA JUGA :  16 Koramil Jajaran Kodim 0822 Bondowoso Laksanakan Olahraga Rutin

Lewat sosialisasi ini, H. Anas Tahir berharap kepada masyarakat agar memahami prosedur menjadi TKI maupun migran, agar mendapat perlindungan dari pemerintah.

Sementara itu, tokoh masyarakat Dadapan Grujugan yang sekaligus sebagai tuan rumah dalam acara tersebut, H. Slamet Gusti Purwanto, mengapresiasi atas terselenggaranya sosialisasi yang digelar oleh anggota komisi IX DPR RI fraksi PPP bersama BP2MI Jatim dan Dinas Ketenaga Kerjaan.

BACA JUGA :  Rusaknya Jalan Diduga Akibat Proyek Tol Bangkinang-Pangkalan, Kades Binuang Angkat Bicara

H. Slamet, menuturkan bahwa dengan adanya sosialisasi itu, masyarakat mendapat ilmu dan pengetahuan pentingnya proses legalitas seorang TKI ataupun Migran.

“Masyarakat menjadi tahu, karena selama ini banyak yang menjadi TKI ilegal di luar negeri. Kami atas nama masyarakat Dadapan khususnya menyampaikan terimakasih kepada bapak H. Anas Tahir, dari fraksi PPP berikut BP2MI Jatim dan Dinas terkait atas ilmunya, ini menjadi pengatahuan luar biasa,” pungkasnya. (*/)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.