Berita

Wakil Bupati Labuhanbatu Resmikan Fasilitas Air Bersih TNI AD Manunggal

×

Wakil Bupati Labuhanbatu Resmikan Fasilitas Air Bersih TNI AD Manunggal

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Labuhanbatu
Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd saat meresmikan Fasilitas Air Bersih TNI AD Manunggal, Selasa (25/7/2023)

Labuhanbatu, LENSANUSANTARA.CO.ID – Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd., MM bersama Kasdim 0209 Labuhanbatu Mayor Inf. Hendra Gunawan meresmikan Fasilitas Air Bersih TNI AD Manunggal Air Bersih dan Pencanangan Percepatan Penurunan Stunting di Wilayah Kodim 0209/LB di Halaman Musholla As-Salam Bukit Rezeki, Kelurahan Padang Matinggi, Kec. Rantau Utara, Sealsa (25/7/2023).

Kegiatan serupa juga dilaksanakan di beberapa daerah lain di Indonesia dan disambungkan melalui Video Conference secara serentak sesuai dengan arahan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Jenderal TNI Dudung dalam sambutannya melalui video conference mengatakan Fasilitas air bersih program TNI AD Manunggal Air Tahun 2023 terdapat sekitar 1.300 titik pecanangan fasilitas program Air Bersih TNI AD manunggal se Indonesia.

Example 300x600

“Program ini merupakan program TNI AD Manunggal dalam mengentaskan masalah kebutuhan akan air bersih bagi masyarakat. Karena air bersih menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Polres Probolinggo Ringkus Tujuh Pelaku Peyebaran Informasi Hoaks Pasien Covid-19 Meninggal dengan Mata Hilang Dicongkel di Media Sosial

Menurutnya, sumber daya air sangat penting bagi kelangsungan hidup masyarakat untuk dimanfaatkan dalam pertanian, peternakan, perdagangan, industri, rumah tangga dan aktivitas lingkungan.

Dalam kesempatan yang sama melalui video conference, Kepala BKKBN Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo Sp.OG (K) mengatakan, pogram ini sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) No.72 Tahun 2021, bertujuan mewujudkan ketersediaan air bersih yang merupakan faktor utama dalam program percepatan penurunan stunting.

BACA JUGA :  Kapolres Labuhanbatu Sewa Bus Executif untuk Pemudik Asal Provinsi Riau

Ia juga mengapresiasi program Manunggal Air yang diinisiasi oleh TNI-AD. Menurutnya, program ini sangatlah efektif dalam rangka penanganan stunting khususnya dari kawasan hulu.

“Dibutuhkan kerjasama dan kolaborasi lintas instansi agar angka stunting dapat ditekankan,” jelasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian bantuan kepada 15 anak yang menderita stunting di Kecamatan Rantau Utara. Sembilan orang dari wilayah Puskesmas Kota dan enam orang dari wilayah Puskesmas Perlayuan.

BACA JUGA :  Polri Gelar 58 Adegan di 4 TKP Rekonstruksi Penyerangan Laskar FPI

Turut hadir dalam kegiatan Ini, Kepala Bappeda Hobol Z. Rangkuti, S.Sos., MM., Kepala DPPPA Tuti Novrida Ritonga, S.Si., Apt., MM., Kepala DPPKB Mahrani, SKM., Kabid dan Staf dari Dinas terkait, Pasiter Kodim Labuhanbatu Kapten Inf. Sugianto, Personil Kodim 0209 Labuhanbatu, perwakilan BKKBN, dan para hadirin lainnya. (Dodi Tua Gultom)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.