Berita

KPK RI Laksanakan Bimtek di Jember, Tanamkan Perilaku Anti Korupsi Dimulai dari Lingkungan Keluarga

×

KPK RI Laksanakan Bimtek di Jember, Tanamkan Perilaku Anti Korupsi Dimulai dari Lingkungan Keluarga

Sebarkan artikel ini
KPK RI
Firliana Ismayadi dari KPK RI saat diwawancara usai kegiatan Bimtek Keluarga Berintegritas, Rabu (26/7/2023). (Foto: Badri/ LensaNusantara).

Jember, LENSANUSANTARA.CO.ID – Bupati Jember Hendy Siswanto dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Jember mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Keluarga Berintegritas Dalam Pencegahan Korupsi di laksanakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia, Kamis digelar Aula Hotel Aston. Rabu (26/7/2023).

Bupati Jember Hendy Siswanto menyampaikan, Bimtek Keluarga Berintegritas ini Jawa Timur pertama kali diadakan a di Kabupaten Jember, seluruh OPD dikumpulkan karena menjadi penjuru pemberantasan korupsi teman-teman Aparatur Sipil Negara (ASN) agar memberikan contoh kepada semua.

Example 300x600

“Kami ajak seluruh OPD untuk mengikuti bimtek ini mulai dari keluarga kita sendiri ASN lingkungan Pemkab Jember. Sehingga ini betul-betul harus dilakukan sebagai motor penggerak semangat mencegah korupsi,” ucap Bupati Jember.

BACA JUGA :  Sesuai dengan Nomor Urut, DPC PBB Jember Daftarkan 50 Bacaleg ke KPU

Ia juga berharap kegiatan bimtek yang diberikan hari ini menjadi embrio dan bisa diteruskan oleh OPD-OPD, minimal OPD masing-masing dulu nantinya diteruskan ke desa-desa.

“Selanjutnya suami istri harus saling terbuka yang dilakukan untuk mencegah korupsi ini,” ujarnya.

Sementara itu Firliana Ismayadi spesial khusus KPK RI menambahkan, Pemerintah Kabupaten Jember telah berkomitmen menindaklanjuti program Teknik Keluarga Berintegritas pertama di Jatim ini.

BACA JUGA :  Wabup Jember Kukuhkan Pengurus KKG PAI

“Program berintegritas kita sasar ASN lingkungan pemerintah kabupaten Jember, upaya menjadi tauladan ada tantangan integritas didalam keluarga,” kata Firliana KPK RI.

Namun ada tantangan yang muncul dari keluarga tidak lagi menjadi bendahara atau kasir menjadi fungsi pengawasan, sehingga pelayanan ASN memberikan pelayanan maksimal kepada publik.

“Pemkab Jember berinisiatif mengirimkan surat langsung untuk melaksanakan keluarga berintegritas, bahwa KPK di Jatim sudah di laksanakan di tahun 2023 kita mendorong kabupaten/kota untuk melakukan hal serupa,” tandasnya.

BACA JUGA :  Perhutani Bondowoso Gandeng GNH Lakukan Penghijauan

Karena nilai integritas harus dilakukan, KPK tidak sendirian harus butuh kolaborasi di daerah terus menggelorakan nilai-nilai anti korupsi.

“Sehingga tidak lagi ada pemberitaan negatif, Pemkab Jember untuk mendorong keluarga berintegritas khusus di lingkungan keluarga,” pungkasnya. (Dri).

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.