Pendidikan

Ulasan Buku “Lari Cepat Memajukan Pendidikan” Karya Kepala Dinas Pendidikan Bondowoso

×

Ulasan Buku “Lari Cepat Memajukan Pendidikan” Karya Kepala Dinas Pendidikan Bondowoso

Sebarkan artikel ini
Lari Cepat Memajukan Pendidikan
Buku "Lari Cepat Memajukan Pendidikan" Karya Dr. Drs. Sugiono Eksantoso, M.M, Kepala Dinas Pendidikan Bondowoso

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – Peningkatan SDM, persaingan global, tantangan perubahan, disparitas kompetensi guru, dan upaya solutif terhadap problematika pendidikan, merupakan kondisi yang membutuhkan langkah cepat pemajuan pendidikan.

Example 300x600

Langkah cepat diharapkan membantu aksesibelitas dan efisiensi  program secara institusional. Istilah langkah cepat itu kiranya mengilhami lahirnya buku berjudul Lari Cepat Memajukan Pendidikan karya Dr. Drs. Sugiono Eksantoso, M.M, selaku Kepala Dinas Pendidikan di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Kabupaten Bondowoso terlepas dari predikat Kabupaten tertinggal tahun 2019 berdasarkan Keputusan Kemendes-PDTT, Nomor 79/2019 tentang Penetapan Kabupaten Daerah Tertinggal yang terentaskan pada 2015-2019 tertanggal 31 Juli 2019.

Penetapan itu berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019 yang menargetkan 80 Kabupaten entas dari daerah tertinggal. Bondowoso memang butuh lari cepat atas apa yang sempat tertinggal di masa lalu.

Sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bondowoso yang dilantik pada  6 Agustus 2021, kondisi Bondowoso tersebut tentunya sudah sangat terpahami.

BACA JUGA :  Satpol PP Bondowoso Bersma Bea Cukai Jember dan GP Ansor Sosialisaikan Gempur Rokok Ilegal

Mengingat sebelumnya Pak Gik (Sapaan akrab Dr. Drs. Sugiono Eksantoso, M.M) adalah Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah kerja Situbondo-Bondowoso.

Dengan rekam jejak dan gaya kepemimpinan yang suka turun langsung melihat kondisi sekolah, tentunya sudah langsung terbayang apa yang harus segera dibenahi. 

Berdasarkan pembacaan dengan cermat atas buku berjudul Lari Cepat Memajukan Pendidikan: Kumpulan Program Unggulan Dinas Pendidikan Mewujudkan Bondowoso Melesat karya Dr. Drs. Sugiono Eksantoso, M.M diperoleh beberapa catatan menarik.

Berikut identitas tambahan tentang buku karya Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Bondowoso tersebut. Buku diterbitkan pada tahun 2022 oleh Penerbit Licensi, Bondowoso. Nomor ISBN: 978-623-5579-33-77, dengan ketebalan buku xvi + 194 halaman.

Buku ini menunjukkan kelasnya sebagai buku yang mampu merangkul semua dengan adanya sambutan Bupati Bondowoso dan sambutan Ketua DPRD Kabupaten Bondowoso.

Bupati Bondowoso, Drs. K.H Salwa Arifin dalam sambutannya melabeli penulis buku ini sebagai teladan bagi kepala dinas lain untuk juga aktif menuliskan ide, gagasan dan program unggulannya.

BACA JUGA :  Dandim 0822 Bondowoso Hadiri Rakor Evaluasi Pencapaian Vaksinasi

“Hal itu menjadikan buku menjadi semacam penyambung lidah antara pimpinan dan elemen di bawahnya”. Ucap Bupati Bondowoso.

Ketua DPRD Kabupaten Bondowoso, H. Ahmad Dhafir juga memberikan sambutan yang cukup apresiatif.

“Buku yang dihasilkan kepala Dinas Pendidikan perlu menjadi inspirasi bagi pimpinan OPD yang lain untuk juga menuliskan ide, gagasan, dan program unggulannya”. Jelas Ahmad Dhafir.

Dalam sambutannya Pak Ketua juga mengutip perkataan HOS Tjokroaminoto, “Pemimpin besar sudah semestinya punya kemampuan berbicara di depan umum dan menuliskan gagasan dan pemikirannya”. Tambah Pak Ketua sapaan akrab H. Ahmad Dhafir

Buku ini menyajikan beberapa program unggulan yang dilaunching Dinas Pendidikan Kabupaten Bondowoso, disertai latar belakang program, tujuan dan sasaran, serta dasar hukum dan prosedur pelaksanaannya.

Dengan kemasan penyajian demikian maka buku ini menjadi acuan dalam implementasi program unggulan sehingga ada kesamaan visi dan persepsi antara Dinas Pendidikan dan lembaga naungan dinas pendidikan.

BACA JUGA :  Peduli Pendidikan, SBI Pabrik Narogong di Bogor Berikan 463 Beasiswa

Bahkan pada program tertentu sudah disertai dengan indikator pelaksanaan, serta tantangan hambatan dan solusi pelaksanaanya.

Berikut adalah beberapa program unggulan yang disajikan dalam buku ini. Optimalisasi PKKS Tahunan, Pembudayaan 3S dan Apel Pagi-Sore, Forum OSIS Bondowoso, Implementasi Ekstrakurikuler Wajib Pramuka, Prasiaga Paud, Penguatan Kearifan Lokal, Literasi Mengaji, Pembiasaan Bahasa Madura Halus (Engghi-Bhunten), Optimalisasi Peran Dharma Wanita Persatuan, Disdik Award sebagai ajang penghargaan bagi staff, guru, kepala sekolah, dan pengawas berprestasi.

Menarik dinanti buku baru yang kembali akan diterbitkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bomdowoso.

“Dalam beberapa forum sempat disampaikan bahwa dalam waktu dekat kembali akan diterbitkan buku baru yang konon topik dan temanya adalah Keteladanan Pemimpin”. Jelas Dr. Drs Suigiono Eksantoso, MM sembari menyampaikan bahwa ada beberapa buku yang sedang disiapkan “Salah satunya adalah tentang keteladanan pemimpin”. (Ark)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.