Pemerintahan

Sejumlah Kepala Puskesmas Diganti, Mustakim : Ini Hal Biasa Dilakukan di Lingkungan Pemkab Aceh Tamiang

×

Sejumlah Kepala Puskesmas Diganti, Mustakim : Ini Hal Biasa Dilakukan di Lingkungan Pemkab Aceh Tamiang

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tamiang
Dinas Kesehatan Aceh Tamiang saat melakukan penyerahan SK kepada sejumlah kepala UPTD Puskesmas, Rabu (23/08/2023).

Aceh Tamiang, LENSANUSANTARA.CO.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Tamiang menggelar serah terima jabatan sekaligus penyerahan SK (Surat Keputusan) kepada sejumlah Kepala UPTD (Unit Pelaksanaan Tugas Daerah) Puskesmas di wilayah kerja Kabupaten Aceh Tamiang, Rabu (23/08/2023) di Aula Dinas Kesehatan setempat.

Rotasi atau Pertukaran Jabatan hanyalah sebuah penyegaran dan itu merupakan hal biasa yang dilakukan dilingkungan Pemerintah Aceh Tamiang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tamiang dr. Mustakim, M.Kes. sp.DLP.

Example 300x600

Selain itu, semua personal manajemen leadership (Kepala Puskesmas) harus dapat dikembangkan sesuai dengan kearifan lokal yang berada di kecamatan para pemangku jabatan dalam wilayah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang.

BACA JUGA :  Jelang HUT RI ke-78, di Aceh Tamiang Datok Penghulu Kampung Suka Makmur Gelar Turnamen Sepak Bola

“Artinya, kita sedang mempersiapkan mereka (Kapus) untuk meningkatkan mutu pelayanan agar mampu bertransformasi menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) sehingga semua permasalahan yang ada bisa diselesaikan secara fleksibel,” ujar Mustakim.

Lanjut Mustakim, disamping melakukan tata kelola puskesmas, Kepala UPTD yang baru juga harus mampu mempersiapkan rencana strategi sebagai upaya standar pelayanan minimal yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Berkenaan hal tersebut kita memberikan kesempatan kepada mereka agar adanya suatu transformasi yang disesuai dengan kebutuhan pada tatanan layanan yang ada di masyarakat,” tambahnya.

BACA JUGA :  Bupati Ajak Kader HIPMI Untuk Bersinergi Dengan Pemkab Tapsel

Ia juga menegaskan bahwa jabatan kepala Puskesmas itu merupakan jabatan tambahan dan bukan jabatan utama.

“Jangan nanti dianalogikan bahwa saya harus jadi Kapus, kan tidak bisa seperti itu, sebab ada kendala-kendala yang harus kita jembatani secara integrasinya antara Puskesmas dengan Dinas Kesehatan, seperti programnya harus komprehensif dan berjalan sesuai dengan standar pelayanan,” ucap Mustakim.

Berikut daftar nama dan jabatan Kepala UPTD Puskesmas yang baru :

Irwansyah, S.K.M diangkat menjadi Kepala UPTD Puskesmas Sekerak Kabupaten Aceh Tamiang, Nuraini, S.K.M, diangkat menjadi Kepala UPTD Puskesmas Sapta Jaya, Beny Wahyudi, S.Kep, diangkat menjadi Plt Kepala UPTD Puskesmas Bendahara, Lena Ambryana, S.K.M, diangkat menjadi Plt Kepala UPTD Puskesmas Karang Baru dan Risnawati, S.Kep, diangkat menjadi Plt Kepala UPTD Puskesmas Manyak Payed.

BACA JUGA :  Bupati Labuhanbatu Serahkan LKPD Tahun Angaran 2022 Kepada BPK RI

Mustakim berharap, apa yang sudah dilakukan hanya sebuah penyegaran pemangku jabatan sebagai leadership.

“Saya berharap kepada nama-nama yang saya rotasi, hendaknya bisa bekerja secara proporsional dan profesional,” harap Mustakim kepada awak media cetak dan online diruang kerjanya, usai menggelar kegiatan rotasi tersebut. (Andri)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.