Pendidikan

Bupati Dolly Pasaribu Bersama Bunda PAUD Tapsel Resmikan TK Negeri Pembina 1 Sipirok

×

Bupati Dolly Pasaribu Bersama Bunda PAUD Tapsel Resmikan TK Negeri Pembina 1 Sipirok

Sebarkan artikel ini
Bupati Tapanuli Selatan
Bupati Dolly Pasaribu resmikan TK Negeri Pembina 1 Sipirok, di Kelurahan Hutasuhut, Kecamatan Sipirok, Senin 04/09/2023 (Foto : Dok Prokopim Tapsel)

Tapanuli Selatan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Dolly Pasaribu bersama Bunda PAUD Ny. Rosalina Dolly Pasaribu meresmikan TK Negeri Pembina 1 Sipirok, Kelurahan Hutasuhut, Kecamatan Sipirok, Senin (4/9).

Dikatakan Bupati, untuk memaksimalkan agar tercapainya tumbuh kembang anak diperlukan suatu wadah untuk memberikan layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berkualitas.

Example 300x600

“Sesuai Permendikbudristek Nomor 32 Tahun 2022 tentang standar pelayanan minimal (SPM) pendidikan adalah ketentuan mengenai jenis dan mutu pelayanan dasar pendidikan yang merupakan urusan pemerintah yang berhak diperoleh setiap peserta didik secara minimal,” ujarnya.

Dolly menambahkan, keunggulan TK Negeri yakni biaya pendidikan di sekolah negeri cenderung lebih ringan, karena sekolah negeri merupakan sekolah yang dimiliki pemerintah, oleh karenanya biaya pendidikan disekolah negeri terbilang lebih ringan, bahkan ada beberapa yang sudah tidak memungut biaya sepeserpun.

Kemudian, disebutkan juga kurikulum pembelajaran diatur oleh pemerintah Sekolah Negeri di Indonesia dengan menggunakan kurikulum yang sama dan tidak ada yang berbeda. Kurikulum itu diatur oleh pemerintah dengan mengacu pada sistem pendidikan Nasional.

BACA JUGA :  Audiensi ke Camat Batangtoru Tapsel, FKMBS Siap Bersinergi dengan Stakeholder Demi Kesejahteraan Masyarakat

Seterusnya, keberagaman siswa yang dapat meningkatkan rasa toleransi umumnya, siswa yang bersekolah di sekolah negeri datang dari latar belakang dan lapisan masyarakat yang berbeda-beda.

“Untuk itu saya harapkan tenaga pendidik PAUD untuk mengambil strata Sarjana PAUD atau PG PAUD, untuk keperluan pengangkatan ASN atau PPPK,” harap Dolly.

Kita perlu terus mendorong kualitas sekolah-sekolah PAUD ini, dengan harapan menanamkan pendidikan yang baik bagi anak generasi emas. Apalagi kami mendengar, diantara kabupaten/kota se-Sumatera Utara, Tapsel termasuk lambat menegerikan, sehingga kita perlu mengejar ketertinggalannya.

Sementara, Bunda PAUD Tapsel, Ny. Rosalina Dolly Pasaribu mengatakan terwujudnya TK Negeri di daerah itu, berkat kerjasama yang baik antar OPD, begitu juga kepada pihak terkait.

BACA JUGA :  Bupati Dolly Hadiri Pelepasan Siswa SMAN 1 Sipirok Tapanuli Selatan

“Dibanding Kabupaten lain, kita patut berbangga karena Tapsel sudah ada tujuh TK yang dinegerikan, kita sama-sama apresiasi, terlebih-lebih kepada Dinas Pendidikan dan semua pihak yang terlibat dalam penegerian ini, terima kasih banyak,” ucap Rosalina.

Ditambahkannya, para guru agar intens memperhatikan gaya mendidik anak yakni, dengan membuat pembelajaran yang menyenangkan di sekolah.

“Harapannya dengan mereka belajar membaca, menulis dan berhitung (calistung) dengan cara menyenangkan, maka perkembangan anak Tapsel semakin baik, dan nantinya akan memberi warna yang baik untuk Kabupaten Tapsel,” ujar Rosalina.

Sedangkan Kepala TK Negeri Pembina 1 Sipirok, Ermaida Santi Harahap mengucapkan terima kasih kepada Bupati yang telah berupaya menegerikan tujuh TK di Tapsel.

“Karena dari dulu sampai sekarang belum ada TK Negeri di Tapsel, tapi semenjak Pak Bupati Dolly Pasaribu sudah kita raih 7 (tujuh) TK di Tapsel, terimakasih Pak Bupati,” ucapnya.

BACA JUGA :  Bupati Dolly Sampaikan Pengantar Nota Keuangan R-APBD Tapsel TA 2023 ke DPRD

Kemudian Ermaida juga menyampaikan kepada Dinas Pendidikan Tapsel, mohon bimbingan dan arahan untuk kemajuan/bagi dunia pendidikan di Tapsel, terlebih TK daerah Sipirok ini, harapnya.

Disisi lain tokoh masyarakat setempat, Raja Hasuhuton dalam sambutannya mengatakan, ia sangat mendukung peralihan TK Negeri.

“Disamping TK nya dilakukan dengan pembinaan, dengan harapan para guru-guru PAUD di Tapsel semakin percaya diri dan sejahtera,” ujarnya.

Selanjutnya peresmian tersebut dirangkai dengan penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA) dan pemberian bingkisan kepada 28 pelajar TK Negeri se-Kecamatan Sipirok oleh Bupati Tapsel dan Bunda PAUD. (A Hanafi Nst)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.