Polri

Mudah Jenguk Tahanan di Rutan Bondowoso, Begini Caranya

×

Mudah Jenguk Tahanan di Rutan Bondowoso, Begini Caranya

Sebarkan artikel ini

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – Polda Jawa Timur melalui Polres Bondowoso khususnya dari Satuan Tahanan dan Barang Bukti terus berinovasi guna memberikan pelayanan yang aman dan nyaman ke publik lewat Aplikasi SIMATAHATI (Sistem Manajemen Tahanan Dan Barang Bukti).

Aplikasi SIMATAHATI sendiri adalah sebagai alat untuk memfasilitasi pendaftaran online atau besuk tahanan secara video call. Sehingga dapat dipergunakan untuk mempermudah keluarga yang akan menemui tahanan di Rutan Bondowoso.

Seperti yang disampaikan oleh Kasat Tahti Iptu Nurus Subaqi R menerangkan, “Simatahati” adalah sistem pelayanan publik besuk tahanan melalui tekhnologi informasi pertama di Indonesia khususnya di Polda Jatim, dimana menggunakan sistem tersebut keluarga tersangka yang berada di rutan Polres Bondowoso dapat mendaftarkan diri lewat aplikasi tersebut dan nantinya akan terhubung oleh petugas Jaga di ruang Tahanan. Sedangkan untuk jadwalnya menyesuaikan jam dan hari besuk tahanan yang telah ditentukan, “ungkap Kasat Tahti.

BACA JUGA :
Ahmad Dhafir Disebut Ikut Campur Tangan Mutasi Staf Sekretariat DPRD Bondowoso, Ini Tanggapannya

“Jadi keluarga tersangka yang berada di rutan Polres Bondowoso dapat mendaftar diaplikasi tersebut yang nantinya akan tersambung oleh petugas jaga tahanan dan dapat melakukan video call kepada tersangka, ” tambahnya.

BACA JUGA :
Bupati dan Konjen Australia Launching TOT dan Modul SEKOPER PKH Bondowoso

Kasat Tahti Iptu Nurus juga menghimbau kepada masyarakat untuk mendownload Aplikasi SIMATAHATI.

” Agar masyarakat dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu sebelum melakukan jenguk tahanan secara langsung atau secara online. Agar para penjenguk biodatanya dapat tersimpan secara digital di aplikasi Simatahati serta agar petugas jaga dapat mengetahui daftar antrian warga yang akan melakukan jenguk online, pada hari selasa dan kamis, “ujar Kasat Tahti.

BACA JUGA :
Dandim 0822 Launching Penyerahan Program BTPKLWN TNI di Wilayah Bondowoso

” Simatahati juga memudahkan petugas untuk menghubungi pihak keluarga, apabila terdapat tahanan yang tiba-tiba sakit atau hal-hal lain yang memerlukan campur tangan pihak keluarga, “tutup Kasat Tahti Iptu Nurus Subaqi.R. (*).

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.