Politik

Jelang Pemilu 2024, Dolly Pasaribu Buka Pembinaan dan Pembekalan Satlinmas se-Tapsel

×

Jelang Pemilu 2024, Dolly Pasaribu Buka Pembinaan dan Pembekalan Satlinmas se-Tapsel

Sebarkan artikel ini
Bupati Tapsel
Kegiatan pembekalan Satlinmas desa/kelurahan se-Tapsel dihadiri Bupati Dolly Pasaribu, di Lapangan Bola Sarasi II, Kelurahan Pintu Padang, Kecamatan Batang Angkola, Tapsel, Selasa 06/02/2024. (Foto : dok. Prokopim Tapsel)

Tapanuli Selatan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu menghadiri kegiatan pembinaan dan pembekalan anggota Satlinmas (Satuan Perlindungan Masyarakat) desa/kelurahan se-Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2024 yang terdiri dari empat Kecamatan yakni Kecamatan Angkola Selatan, Muara Tais, Batang Angkola, Sayur Matinggi, dan Tantom Angkola di Lapangan Bola Sarasi II Desa Pintu Padang, Kecamatan Batang Angkola, Selasa (6/2).

Bupati Tapsel atau yang akrab disapa Dolly itu membuka secara resmi kegiatan tersebut dengan jumlah peserta sebanyak 445 orang se zona II (Kecamatan Angkola Selatan, Muara Tais, Batang Angkola, Sayur Matinggi, dan Tantom Angkola).

Dalam sambutannya Bupati Dolly mengatakan bahwa Linmas merupakan ujung tombak keamanan di desanya masing-masing. “Satlinmas merupakan perpanjangan tangan pemerintah yang berwenang menjaga kondusivitas di wilayah masing-masing baik desa maupun kelurahan,” ujar Dolly.

BACA JUGA :
Momentum Pilkada, Jumsir lambau: Tuhanpun Akan Mengutuk Kita yang Mempertahankan Pemimpin Tidak Amanah

Disamping itu, Dolly mengungkapkan, bahwa pembinaan dan pembekalan yang diberikan bertujuan agar penyelenggaraan pemilihan umum 2024 nanti dapat sukses dan berjalan dengan lancar, karena Satlinmas dibekali dengan teori kesiapsiagaan untuk menjaga kondusifitas lingkungan desa maupun kelurahan.

“Untuk itu, diharapkan agar Satlinmas dapat mengimplementasikan materi yang diberikan saat pembekalan pada pemilu 2024 nanti,” terang Dolly.

Dolly menambahkan, bahwa masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) nantinya akan ditugaskan anggota Linmas. Oleh karena itu, dirinya juga berpesan bahwa anggota Linmas dapat bersikap netral, ramah, namun selalu waspada terhadap situasi kondisi serta berkoordinasi dengan petugas kepolisian untuk menjaga keamanan, ketertiban dan kelancaran pelaksanaan pemungutan suara di TPS.

BACA JUGA :
Bupati Tapsel: Suksesnya Penyelenggaraan Pemilu 2024 Jadi Tanggungjawab Kita Bersama

“Mari kita kedepankan bahwa pemilu adalah pesta demokrasi. Kita kedepankan politik yang gembira. Karena memilih pemimpin adalah yang memperhatikan rakyatnya dan memastikan program pembangunan yang berkelanjutan,” ajaknya.

Sementara itu, Kasatpol PP Tapsel Jhonni Gumansi yang juga ketua panitia menyampaikan kegiatan pembinaan dan pembekalan satlinmas desa/kelurahan ini dalam rangka menyukseskan pemilu serentak 2024 diikuti oleh satlinmas desa dan kelurahan yang di angkat oleh kepala desa/lurah yang mana jumlah nya 5 orang per desa, dan untuk zona II terdiri dari 5 kecamatan.

BACA JUGA :
Edy Kelleng Ate Berutu Terpilih sebagai Ketua DPD II Kabupaten Partai Golkar di Kabupaten Dairi

Ia juga menambahkan tujuan pelaksanaan kegiatan ini sebagai bentuk pemberian pemahaman dan pemberdayaan anggota satlinmas serta peran dan fungsi dalam memberikan pengamanan kepada masyarakat dalam rangka menyukseskan pemilu serentak tahun 2024 yang tinggal beberapa hari lagi sehingga terciptanya Trantibum di wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan.

Turut hadir, Kapolres Tapsel di wakili Kanit Dalmas, dan Kaban Kesbangpol Hamdy S Pulungan. (A Hanafi Nst)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.