Bisnis

Menghasilkan Pendapatan Tambahan dengan Bisnis Import dari China

×

Menghasilkan Pendapatan Tambahan dengan Bisnis Import dari China

Sebarkan artikel ini
Bisnis Import dari China
Gambar Ilustrasi (Pixabay)

Ada banyak sekali Pusat Grosir di Jakarta, yang paling terkenal dan paling sering kita dengar adalah Pusat Grosir Tanah Abang, Mangga Dua, Pasar Senen dan Pusat Grosir Cililitan. Banyak pedagang grosir yang meraih untuk besar disana. Bukan hanya pedagang di grosir di daerah, sekarang banyak juga pedagang di marketplace online. Pernahkah kita terpikir, dari mana para pedagang itu mendapatkan barang-barang untuk dijual? Apakah mereka memproduksinya sendiri? Jawabannya sebagian besar adalah tidak.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara mendapatkan barang untuk dijual tanpa harus repot memproduksi, ini sangat cocok untuk Kamu para Ibu Rumah Tangga, Mahasiswa dan para Karyawan yang ingin mendapatkan pendapatan tambahan. Tidak usah khawatir, kamu bisa mulai bisnis import dengan modal kecil dahulu loh, nanti akan kita bahas.

Example 300x600

Memilih Supplier Barang dari Marketplace China

Langkah paling awal untuk memulai bisnis import dari China adalah menemukan supplier atau produsen barang yang dapat dipercaya. Dengan perkembangan teknologi dan akses yang lebih mudah ke marketplace di China, kita dapat dengan mudah mendapatkan barang melalui platform marketplace online seperti Alibaba dan AliExpress. 

Platform marketplace online ini adalah tempat yang baik untuk memulai pencarian. Di platform marketplace tersebut, Kamu dapat menemukan ribuan supplier yang menawarkan berbagai produk dengan berbagai harga dan kualitas yang bagus. Kamu bisa download aplikasi Alibaba atau AliExpress di Google Play dan App Store.

Ketika memilih supplier, penting untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Jumlah Minimal Pengiriman

Kamu mungkin berpikir bahwa untuk melakukan import dari China itu membutuhkan modal besar, harus membeli barang dalam jumlah banyak. Ternyata tidak, banyak supplier yang bisa melakukan transaksi meskipun kita melakukan pembelian dalam jumlah kecil. Ini sangat cocok untuk Kamu yang ingin mulai mencoba melakukan import. Kamu harus memperhatikan Minimum Order Quantity atau Jumlah Minimal Pengiriman yang disyaratkan oleh supplier.

2. Reputasi dan Ulasan

Sama seperti ketika kita belanja di marketplace lokal, pastikan kamu juga memeriksa reputasi dan ulasan dari suppliernya terlebih dahulu di aplikasi. Ulasan dari para pembeli sebelumnya dapat memberikan gambaran tentang kualitas produk dan keandalan supplier.

3. Harga dan Kualitas Produk

Bandingkan harga dari beberapa supplier dan perhatikan kualitas produk yang mereka tawarkan. Jangan hanya tergiur dengan harga yang murah, tetapi pastikan produk yang Anda import memiliki kualitas yang layak. Kamu bisa bernegosiasi juga dengan supplier, sebagian dari mereka ada yang mau mengirimkan sampel barangnya terlebih dahulu untuk kita di Indonesia.

4. Ketentuan Pembayaran dan Pengiriman

Pastikan untuk memahami ketentuan pembayaran dan pengiriman yang ditawarkan oleh supplier. Beberapa supplier mungkin menawarkan berbagai metode pembayaran dan opsi pengiriman yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Mengirim Barang dari China ke Indonesia Menggunakan Forwarder

Setelah menemukan barang dari supplier yang sesuai, langkah berikutnya adalah mengatur pengiriman barang ke Indonesia. Di sinilah jasa pengiriman menggunakan forwarder dapat membantu Kamu. Forwarder adalah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam pengiriman internasional dan dapat membantu mengatur pengiriman barang dari China ke Indonesia agar lebih mudah dan efisien, sehingga Kamu tidak perlu khawatir lagi untuk mengurus dokumen pajak dan bea cukainya. Semuanya akan diurus oleh forwarder.

Kemudahan yang akan Kamu dapatkan ketika mengirim barang menggunakan jasa forwarder tersebut tentu ada biaya yang harus dikeluarkan, berdasarkan data yang Kami peroleh dari perusahaan jasa Forwarder China Indonesia yang berada di Jakarta, Jika Kamu ingin mulai import barang dari China dalam skala kecil, maka cocok menggunakan air freight atau pengiriman menggunakan pesawat dengan harga di kisaran Rp 200.000/Kg. Namun apabila Kamu ingin membeli dalam jumlah besar, maka kamu bisa menggunakan sea freight atau pengiriman jalur laut dengan harga sekitar Rp 4.500.000/CBM.

Ketika memilih jasa forwarder, ada beberapa faktor yang perlu Kamu pertimbangkan terlebih dahulu

  1. Pengalaman dan Reputasi

Pilihlah jasa forwarder yang memiliki pengalaman dan reputasi yang baik dalam pengiriman internasional, terutama pengiriman dari China ke Indonesia. Pastikan perusahaan forwarder tersebut sudah berpengalaman bertahun-tahun, pastikan mereka sudah terbiasa menghadapi barang yang tertahan di Bea Cukai dan piawai dalam membantu mengurusnya apabila ada masalah. Perhatikan juga review dari para pelanggan yang sudah mempergunakan layanan pengiriman barang mereka

  1. Layanan yang Diberikan

Pastikan jasa forwarder tersebut menawarkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda, termasuk pengiriman dari lokasi supplier di China ke alamat Anda di Indonesia. Tidak semua forwarder bisa memberikan layanan door to door. Sebagian forwarder ada yang hanya bisa mengirim barang sampai di pelabuhan saja di Indonesia, sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  1. Biaya dan Tarif Pengiriman

Bandingkan biaya dan tarif antara beberapa jasa forwarder yang satu dengan yang lainnya untuk memastikan Anda mendapatkan harga yang kompetitif dan layanan yang mereka berikan yang sesuai dengan anggaran Anda.

  1. Pelayanan Kepada Pelanggan

Perhatikan kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan dari jasa forwarder tersebut. Pastikan mereka responsif dalam menanggapi pertanyaan dan memberikan bantuan jika terjadi masalah selama proses pengiriman. Kamu bisa perhatikan seberapa cepat Customer Service mereka, pastikan tim sales import yang mendampingi Anda bisa dihubungi dengan cepat apabila ada kendala dari Anda.

Dengan memilih supplier dari marketplace China yang tepat dan menggunakan jasa freight forwarder terpercaya, import barang dari China dapat menjadi sumber pendapatan tambahan yang menarik bagi ibu rumah tangga, karyawan, dan mahasiswa. Dengan perencanaan yang matang dan pemilihan partner bisnis yang tepat, Anda dapat memanfaatkan peluang ini untuk dijadikan sumber pendapatan tambahan bagi Kamu. Selamat mencoba ya!

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.