Daerah

Penghitungan Tingkat Kecamatan Sedang Berlangsung, Ketua KPU Kaur Minta Masyarakat Ikut Serta Mengawasi

×

Penghitungan Tingkat Kecamatan Sedang Berlangsung, Ketua KPU Kaur Minta Masyarakat Ikut Serta Mengawasi

Sebarkan artikel ini
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaur
Proses pleno tingkat kecamatan sedang berlangsung. Senin, 19 Februari 2024. (Foto: dok. Biro Lensa Nusantara)

Kaur, LENSANUSANTARA.CO.ID – Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Kaur saat ini masuk ke tahap rekapitulasi penghitungan surat suara tingkat kecamatan atau rapat pleno hasil perhitungan surat suara tingkat kecamatan.

“Rencana rapat pleno tingkat kecamatan akan dilangsungkan Sabtu 17 Februari 2024,” akan di awali di Kecamatan Kaur Selatan dan di laksanakan di gedung sentra kuliner Bintuhan dan saya minta kepada masyarakat Kabupaten Kaur agar sesama mengawasi proses pleno ini,” ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaur, Muklis Haryanto, pada Jum’at (16/2/2024).

Example 300x600

Ia menyampaikan, Penyelenggaraan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara Pemilu 2024 di Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur berjalan lancar.

Muklis menegaskan, rapat pleno tersebut harus dapat diselesaikan sesuai target jadwal yakni selama 3 hari.

“Total terdapat 15 Kecamatan dan harus selesai dalam 3 hari ini. Pada hari pertama, rapat pleno ada 10 kecamatan, pada hari kedua target 5 kecamatan,” jelasnya.

Muklis menerangkan, waktu yang diperlukan untuk pleno satu PPK/kecamatan rata-rata memerlukan 3 hari sehingga untuk 15 kecamatan, pleno tingkat PPK lebih rumit karena harus membahas data per TPS, sehingga menurutnya hal itu menyita waktu dan tentu ada pengaruhnya, terlebih untuk kecamatan yang mempunyai TPS banyak.

Pleno di kecamatan Kaur Selatan ini dihadiri oleh Camat Kaur Selatan, Panwascam dan para saksi dari partai menyimak proses rekapitulasi hasil penghitungan suara.

Saksi partai mencatat hasil penghitungan suara di TPS saat proses rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kecamatan. Serta mendapat pengawalan ketat dari pihak Kepolisian dan Koramil setempat.

“Mudah–mudahan tidak teradapat kendala yang berarti terkait dengan data perolehan suara,” imbuh Ketua KPU Kaur. (SMI)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.