Berita

Targetkan Cetak Pemimpin Handal, SMPN 1 Curahdami Bondowoso Gelar Kemah Dianpinru

×

Targetkan Cetak Pemimpin Handal, SMPN 1 Curahdami Bondowoso Gelar Kemah Dianpinru

Sebarkan artikel ini
Pembina Pramuka SMPN 1 Curahdami
Gladian Pemimpin Regu bagi Pramuka Penggalang yang diadakan SMPN 1 Curahdami, Bondowoso.

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – SMP Negeri 1 Curahdami Bondowoso akan menggelar kegiatan Kemah Gladian untuk Pimpinan Regu (Dianpinru) pada Sabtu (2/3/2024) dan Minggu (3/3/2024).

Pembina Pramuka SMPN 1 Curahdami, Tri Andy Mashuri menjelaskan, kegiatan Dianpinru digelar untuk membekali pimpinan regu agar pelaksanaan latihan pramuka lebih efektif di gugus depan pangkalan masing-masing.

Example 300x600

“Melalui kegiatan ini, diharapkan adik-adik penggalang, baik dari SMP Negeri 1 Curahdami Bondowoso, maupun dari delegasi pangkalan lain mempunyai bekal materi kepramukaan yang lebih baik, sehingga dalam kegiatan pramuka lebih tersemangati dan termotivasi,” ujar Tri Andy. Kamis (29/2/2024).

Kegiatan Dianpinru dibina oleh tiga orang. Pembina dalam satu orang, dan pembina luar dua orang dari Mahasiswa PGSD Universitas Jember Kampus Bondowoso, serta dibantu dari alumni dan dari narasumber khusus.

Peserta kegiatan Dianpinru sebanyak 50 orang. Terdiri atas 25 orang peserta dari SMPN 1 Curahdami dan 25 orang delegasi dari Pangkalan lain di lingkungan sekitar SMPN 1 Curahdami.

Peserta Dianpinru adalah seorang pramuka penggalang yang notabene berusia 11 tahun hingga 15 tahun. Dengan kata lain seusia SD dan SMP. Hal ini sesuai dengan Pasal 12 dan 13 di UU No.12 tahun 2010.

Dijadwalkan bertindak sebagai pembina upacara dan pemateri pertama adalah Mohammad Hairul, M.Pd selaku Kamabigus gerakan pramuka gugus depan 04.001 dan 04.002 Pangkalan SMPN 1 Bondowoso.

“Selama dua hari, peserta akan diberikan berbagai macam materi. Mulai dari materi fundamental atau dasar kepramukaan, materi kepemimpinan, keterampilan life skill, teknik kepramukaan baik indoor maupun outdoor hingga survival dasar,” katanya.

Lebih lanjut Hairul menyampaikan bahwa melalui Kemah Dianpinru, diharapkan tiap regu di gugus depan bisa dipimpin oleh seorang pemimpin yang handal. Baik dalam dalam berkegiatan maupun ketertiban dalam administrasi.(*)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.