Berita

Ramadhan Hari ke-7, PMI Banjarnegara Pastikan Persediaan Stok Darah Masih Aman

×

Ramadhan Hari ke-7, PMI Banjarnegara Pastikan Persediaan Stok Darah Masih Aman

Sebarkan artikel ini
Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara
Pendonor sedang diambil darahnya oleh petugas PMI Banjarnegara, Senin, 18/3/2024. (Foto : Gunawan/Lensa Nusantara).

Banjarnegara, LENSANUSANTARA.CO.ID – Memasuki hari ke-7 Ramadhan 1445 H / 2024 M, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjarnegara, menjamin stok darah masih aman dan dapat mencukupi permintaan dari masyarakat yang membutuhkan.

Hal itu disampaikan Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara dr. Amalia Desiana melalui Kepala Unit Donor Darah (UDD) dr. Syarah Mutia Dewi, dirinya mengatakan, saat ini angka permintaan dan kebutuhan darah di beberapa rumah sakit cenderung fluktuatif.

Example 300x600

“Kami terus menggencarkan sosialisasi donor dan edukasi tentang donor darah saat puasa serta mengintensifkan kerja sama dengan semua pihak termasuk kelompok-kelompok donor potensial,” ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan, pemantauan terhadap persediaan darah di Kabupaten Banjarnegara dilakukan secara berkala dengan mengintensifkan komunikasi dengan bank darah di beberapa rumah sakit.

BACA JUGA :  Terkait Portal Menuju Desa Merden, Sekda Banjarnegara : Belum Ada Wacana Pencopotan

“Sejak awal Ramadhan hingga saat ini permintaan darah dari masyarakat di beberapa rumah sakit yang menjadi mitra PMI Banjarnegara cenderung masih stabil,” lanjut dr. Syarah, Senin, 18/3/2024).

Pihak PMI juga menambahkan, beberapa inovasi terus dilakukan saat Ramadhan tahun ini agar pelayanan kepada masyarakat tetap optimal dan professional seperti yang diharapkan.

“Kami juga membuka layanan donor darah pada malam hari jika ada pendonor yang ingin berdonor pada malam hari sesudah berbuka puasa atau selepas shalat tarawih,” lanjutnya.

Selain itu, UDD PMI Banjarnegara juga memberikan kado spesial kepada pendonor yang berkenan mendonorkan darahnya di bulan Ramadhan ini sebagai bentuk terima kasih atas sinergi dan donasi yang diberikan.

BACA JUGA :  10 Ekor Sapi Program Ketahanan Pangan Desa Kaliajir Lenyap, Begini Kata Berbagai Pihak

“Selain paket menu donor, kami juga menyediakan 250 paket minyak goreng dan gula pasir untuk pendonor yang langsung mendonorkan darahnya di UDD PMI Banjarnegara,” tambahnya.

Dalam menopang kebutuhan dan permintaan darah selama Ramadhan, PMI juga beberapa kelompok donor darah potensial juga akan selalu siap menggelar kegiatan donor darah pada malam hari.

“Sedikitnya ada sepuluh kelompok donor darah potensial siap membantu menopang stock darah selama Ramadhan dengan menggelar donor darah malam hari,” ucap Syarah.

Tidak hanya paket sembako, sebagai wujud kepedulian kepada pendonor darah sukarela yang tersebar di beberapa wilayah, UDD PMI Banjarnegara juga memberikan souvenir berupa 1000 payung cantik.

BACA JUGA :  Kreatif, Pria di Banjarnegara Merubah Lahan Sempit Menjadi Lokasi Media Tanam Hidroponik

“Semoga dengan inovasi dan upaya tersebut sinergitas yang baik dengan masyarakat dapat terus terjaga dengan baik sehingga misi PMI yakni bergerak bersama masyarakat dapat terus terwujud,” pungkasnya.

Berikut lensanusantara.co.id menulis stok persediaan Unit Donor Darah PMI Banjarnegara, Senin 18 Maret 2024, Golongan Darah A 90 kantong, Golongan Darah B 59 kantong, Golongan Darah O 76 kantong, Golongan Darah AB 15 kantong. (Gunawan)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.