Politik

ASN Ikut Politik Praktis, Begini Kata Ketua Bawaslu Pulau Taliabu

×

ASN Ikut Politik Praktis, Begini Kata Ketua Bawaslu Pulau Taliabu

Sebarkan artikel ini
Gambar Ilustrasi (Sumber Google Image)

Taliabu, LENSANUSANTARA.CO.ID – Dari Sejumlah Kandidat Bakal Calon Kepala Daerah yang sudah menyatakan diri secara terang bakal maju pada Pilkada Serentak Tahun 2024.

Example 300x600

Bakal calon kepala daerah yang diantaranya diketahui masi berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) mereka sudah mulai aktif menjalani tahapan proses Pilkada. Yakni mensosialisasikan diri dan ikut mendaftar di sejumlah partai politik.

BACA JUGA :  Bupati H. Aliong Mus Lantik Pengurus TP PKK Kabupaten Pulau Taliabu

Melihat aktivitas politik praktis yang di lakukan bakal calon kepala daerah berstatus ANS aktif itu, Ketua Bewaslu Kabupaten Pulau Taliabu, La Umar La Juma Angkat bicara terkait ASN sudah seharusnya mengundurkan diri dari ASN atau mengurus pensiunan dini.

“Mereka sudah terang- terangan mendaftar di parta itu sudah masuk pada kegiatan politik praktis. Dan sudah sangat jelas dan tegas diatur dalam undang undang ASN bahwa aparatur ASN dilarang ikuti kegiatan politik praktis,” Jelasnya.

BACA JUGA :  Cakades Tanah Wulan Nomer Urut 1 Siap Mengemban Amanah, Berikut Ulasan Beritanya

Ditegaskan, Umar La Juma tindakan pendaftaran keberbagai parpol tersebut sudah masuk ranah politik praktis, sehingga berdasarkan UU ASN mereka sudah memenuhi unsur melakukan pelanggaran kode etik ASN.

“Iya ini kan seharusnya mereka sudah harus mengundurkan diri atau pensiunan dini sebab tahap politik praktis sudah jalan kemudian bakal calon tersebut sudah mensosialisasikan diri dll,” Ungkapnya.

BACA JUGA :  Bupati Aliong Mus Sambut Kunker Danrem 152/Baabullah di Pulau Taliabu

Bawaslu Taliabu, jika temukan Pelanggaran- pelanggaran segara buat laporan dan kemudian sampaikan di Bawaslu akan di tindak lanjuti, (Sunardi)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.