Edukasi

KKN IAIN Madura Posko 24 Desa Palalang Pamekasan Bekali Digital Marketing Pelaku UMKM

×

KKN IAIN Madura Posko 24 Desa Palalang Pamekasan Bekali Digital Marketing Pelaku UMKM

Sebarkan artikel ini
Koordinator KKN IAIN Madura Posko 24
Abd Aziz, Koordinator KKN IAIN Madura Posko 24 saat memberikan sambutan. (dok. KKN IAIN Madura Posko 24)

Pamekasan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Madura Posko 24 Desa Palalang, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan mengadakan Seminar Inovasi Produk UMKM dan Pengembangan Digital Marketing. Kegiatan tersebut berlangsung di halaman Balai Desa Palalang pada Rabu (31/07/2024) pagi.

Abd Aziz, Koordinator KKN IAIN Madura Posko 24, menjelaskan bahwa seminar ini diadakan karena kurangnya inovasi dan perkembangan UMKM di Desa Palalang.

Example 300x600

“Langkah ini merupakan bentuk penguatan kami terhadap kemajuan pelaku UMKM di Desa Palalang. Produk-produk desa sebenarnya menarik, tetapi karena tidak ada inovasi dan pemasaran digital yang berjalan, maka tidak ada kemajuan yang signifikan. Inilah alasan kami bersikeras mengadakan seminar ini, karena sangat penting untuk membangun kemandirian masyarakat,” jelas Abdul Aziz.

Ia berharap agar pelaku UMKM yang hadir dapat terus memaksimalkan potensi mereka, dan tidak hanya fokus saat di forum ini saja.

Zaifur Rahman, Kepala Desa Palalang, menanggapi pernyataan Koordinator KKN IAIN Madura dengan mengatakan bahwa program ini sangat layak untuk dikembangkan, karena banyaknya pelaku usaha kecil dan menengah di desa yang dipimpinnya.

“Program ini sangat layak untuk dikembangkan. Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Abdul Aziz dan kawan-kawan KKN. Ibu-ibu sekalian, mohon dikembangkan lagi dan diaktualisasikan hasil dari sosialisasi ini. Ini adalah kesempatan besar bagi kita semua, apalagi adik-adik KKN ini siap mendampingi langsung,” tutupnya.

Seminar ini diikuti oleh 36 pelaku UMKM Desa Palalang yang belum mengajukan standarisasi UMKM kepada pihak pemerintah. (Rofiuddin)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.