Pemerintahan

Sambut Hari Jadi ke-349, Pemkab Magetan Ziarah Makam Leluhur

×

Sambut Hari Jadi ke-349, Pemkab Magetan Ziarah Makam Leluhur

Sebarkan artikel ini
Tabur Bunga Makam Ki Mageti, Yuana Kejari Magetan

Magetan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Dalam rangka menyambut peringatan Hari Jadi ke-349 Kabupaten Magetan, Pemkab setempat mengadakan ziarah ke tujuh makam leluhur penting yang menjadi bagian dari sejarah berdirinya Magetan, Kamis (03/10/2024).

Example 300x600

Dipimpin oleh Pj Bupati Magetan, Nizhamul, prosesi ini juga dihadiri oleh jajaran Forkopimda, Asisten, dan sejumlah Kepala OPD.

Prosesi ziarah dimulai dari tabur bunga di Makam Ki Mageti, diikuti oleh ziarah ke makam Yosonegoro, Nrangkusumo, Maduretno, Kertonegoro, Purwodiningrat, hingga Ronggo Galih.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Nizhamul menyoroti pentingnya menjaga tradisi sebagai bentuk penghargaan atas jasa para pendiri daerah.

“Ini adalah tradisi luar biasa di mana masyarakat dan pemerintah selalu mengenang jasa-jasa para pendiri yang telah membentuk daerah ini,” katanya.

Dia juga mengajak masyarakat untuk terus melestarikan tradisi ziarah ini agar tetap berjalan dari generasi ke generasi.

“Pelestarian tradisi seperti ini sangat penting, karena sejarah Magetan luar biasa dan harus terus diingat,” tambahnya.

Selain ritual ziarah, kegiatan ini juga ditandai dengan pemberian bantuan sembako secara simbolis kepada warga yang tinggal di sekitar makam-makam leluhur.

Melalui prosesi ziarah ini, Pemkab Magetan tidak hanya berupaya menjaga warisan budaya dan sejarah, tetapi juga mempererat tali silaturahmi antarwarga.

Diharapkan tradisi ini terus menjadi pengingat bagi generasi mendatang akan pentingnya menghormati leluhur dan mempertahankan jati diri Kabupaten Magetan yang kaya akan nilai-nilai sejarah dan kebudayaan.

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.