Pemerintahan

Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Keuangan Desa, Inspektorat Bantaeng Gelar Bimtek Siskeudes

×

Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Keuangan Desa, Inspektorat Bantaeng Gelar Bimtek Siskeudes

Sebarkan artikel ini
Inspektur Bantaeng
Bupati Bantaeng saat menghadiri Bimtek Siskeudes di Hotel Grand Asia Makassar (Kamis, 22/6/23). (Foto: Fahmi / LensaNusantara)

Bantaeng, LENSANUSANTARA.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Bantaeng melalui Inspektorat Daerah Bantaeng terus melakukan terobosan untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas para pengelola keuangan di desa, melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Versi 2.0.5 tahun 2023 resmi dibuka Bupati Bantaeng, Dr. Ilham Azikin, pada Kamis (22/6/23).

Acara itu juga dihadiri Kepala Perwakilan BPKP Perwakilan Propinsi Sulawesi Selatan, Kapolres Bantaeng, Kasi Intel Kejari Bantaeng, Inspektur Daerah Bantaeng, Asisten I, Kadis Kominfo serta para Camat se-Kabupaten Bantaeng.

Example 300x600

kegiatan ini diikuti 116 orang peserta yakni para Kepala Desa desa, Kaur keuangan dan Sekretaris Desa yang digelar di Hotel Grand Asia Makassar.

Dalam sambutannya Bupati Bantaeng mengatakan Pemerintah Kabupaten Bantaeng sangat menyambut baik kegiatan ini, karena merupakan modal dasar untuk menunjang setiap program yang dicanangkan pemerintah desa.

“Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi kemajuan Pemerintah Desa di Kabupaten Bantaeng. Kami ucapkan banyak terimakasih dan sangat mengapresiasi kegiatan ini sehingga terlaksana dengan baik,” jelas Ilham Azikin.

Sementara itu Inspektur Daerah Bantaeng, Dr. Muh. Rivai Nur saat ditemui media ini sesuai pembukaan Bimtek menegaskan dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa, salah satu indikator penyelenggaraan administrasi yang baik adalah terwujudnya tata kelola keuangan Desa yang memenuhi prinsip-prinsip mekanisme, tata cara pengelolaan keuangan sesuai regulasi yang ada.

“Untuk mewujudkan hal tersebut pembinaan, pengawasan, dan fasilitasi penyelenggaraan pengelolaan keuangan Desa, dinilai perlu ditingkatkan dengan mendorong profesionalisme aparat Desa,” ungkapnya.

Apalagi berkenaan dengan adanya rilis terbaru dalam aplikasi Siskeudes tahun lalu, maka dalam pelaksanaan akuntabilitas pengelolaan keuangan Desa juga telah dibuat petunjuk teknis terbaru terkait penambahan fitur-fitur terbaru dalam penggunaan aplikasi Siskeudes versi 2.0.5. (Fahmi)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.