Lensa Nusantara
Berita Bondowoso Daerah Featured Internasional Nasional Tapal Kuda

Kabupaten Bondowoso Meraih SAKIP AWORD 2019

Lensanusantara.net Bondowoso – Bupati Bondowoso KH. Salwa Arifin di dampingi Sekretaris Daerah (Sekda) H. Syaifullah SE, Msi. menghadiri acara penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2019 Wilayah II di Nusa Dua Kabupaten Badung Bali. Senin, 27/01/2020.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang diserahkan oleh Deputi Reformasi Menpan yang diterima langsung oleh Bupati Bondowoso KH. Salwa Arifin didampingi Sekretaris Daerah Saifullah.

Berikut nilai yang diperoleh Kab. Bondowoso dari Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemerintah Kabupaten Bondowoso tahun 2019 memperoleh 71, 02 point dengan predikat BB.

Bupati melalui Sekda Syaifullah menyampaikan bahwa penilaian meliputi 5 indikator yang harus dinilai.

” Ada 5 indikator Ijin ada 5 indikator yaitu perencanaan kinerja ,pengukuran kinerja
,pelaporan kinerja ,evaluasi internal dan capaian kinerja ,”Jelasnya melalui Via WhatsApp. Senin 27/01/2020.

Menurutnya penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi yang tinggi kepada kabupaten/kota yang telah melakukan upaya-upaya perbaikan nyata bagi peningkatan efisiensi birokrasi.

“Atas upaya tersebut, Bondowoso memperoleh berpredikat BB.
Dengan nilai ini diharapkan agar tetap berupaya mengoptimalkan penerapan SAKIP dengan lebih baik,” Ungkapnya.

Selanjutnya pihak Pemkab. Bondowoso akan lebih fokus lagi dalam memberikan perhatian guna terwujudnya tata kelola pemerintah yang baik dan sekaligus berorientasi hasil.

Demi meningkatkan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Kabupaten Bondowoso ke depan, pihaknya mengajak seluruh kepala OPD untuk meningkatkan Komitmen Bersama dalam rangka mewujudkan Peningkatan dan perbaikan akuntabilitas Kinerja pemerintah.

Pemkab Bondowoso dianggap mampu menyajikan data sistem perencanaan dan sistem penganggaran serta sistem pelaporan selaras dengan sistem keuangan sehingga memperoleh nilai BB.

“Setiap organisasi perangkat daerah dalam perencanaan, penganggaran dan pelaporan terukur satuan yang jelas atau prosentase capaian yang terukur,” imbuhnya.

Perlu diketahui bahwa kesuksesan SAKIP adalah akuntabilitas atas tugas dan tanggung jawab organisasi perangkat daerah dan jajaranya atas tujuan organisasi yang selaras .

“SAKIP Secara khuhus diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah tujuannya menjadikan instansi yang efisien efektif dan responsip terhadap aspirasi masyarakat, serta
terwujudnya tranparansi,
partisipasi masyarakat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah”, Tambahnya.

Reporter : Hosairi
Editor : Arik Kurniawan
Publikasi : Mareta

Related posts

Jelang Purna Bhakti, Masyarakat Antusias Sambut Kehadiran Bupati Syahrul

Lensa Nusantara

Pengurus SMSI Bekasi Raya Beraudiensi dengan Ketua DPRD Kabupaten Bekasi

Lensa Nusantara

Membanggakan, SatLantas Polres Bondowoso Menjadi Terbaik ke Dua, Dalam Rangka KTS Tertib Berlalulintas oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Timur

Lensa Nusantara