Banjir Bandang Melanda Kecamatan Ijen Bondowoso

  • Bagikan
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah SMSI-MURI-C-1.png

Lensanusantara.net Bondowoso Banjir Bandang kembali melanda Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Rabu (29/1/2020)

Kepala BPBD Bondowoso, Kukuh Triyatmoko, membenarkan jika di wilayah kecamatan Ijen telah terjadi banjir bandang melewati disekitar rumah – rumah warga. Hingga beberapa ruas jalan tertutup lumpur.

“Ya benar disana telah terjadi banjir bandang, dekatnya pesanggrahan dekat kecamatan Ijen. Anggota BPBD sudah berangkat kesana dan membawa peralatan,” kata Kukuh

BACA JUGA :  Kearifan Lokal Masyarakat Tengger Penunjang Utama Wisata Gunung Bromo

Namun demikian, kata Kukuh banjir bandang, air dan lumpur disertai potongan kayu-kayu sudah mulai surut. Diperkirakan terjadinya banjir bandang sekitar pukul 01.00 WIB.

Menurutnya, terjadinya banjir bandang diakibatkan hutan dihulu sudah gundul. Lantaran terjadi Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dibulan Agustusan 2019 lalu.

“Kemarin itu kan terjadi Karhutla, jadi didaerah hulu itu sudah gundul. Kemudian kemarin terjadi hujan cukup deras disana, jadi membawa lumpur bekas Karhutla,” paparnya.

BACA JUGA :  Dalam Acara Anniversery Berita 9 ke-7, Michael Sebutan Anggaran 1 Miliar

Sementara ini belum ada korban jiwa. Dan untuk mengantisipasi banjir susulan yang lebih besar, masyarakat diimbau untuk bergeser ketempat yang lebih aman.

Kukuh berharap agar masyarakat Bondowoso atau wisatawan tidak dulu bepergian kewilayah Ijen. Karena beberapa jalan tertutup lumpur.

“Untuk masyarakat yang dari arah Bondowoso tidak dulu ke Ijen. Memgingat jalan dari kecamatan masih tertutup lumpur,” terangnya.

BACA JUGA :  Jambret HP di Pencindilan Surabaya Tertangkap, Polisi Masih Buru Pelaku Lainya

Sejatinya, banjir bandang di wilayah Ijen sudah pernah terjadi pada tahun 2014 dan pertengahan Desember 2019. Namun waktu itu, kata Kukuh, banjirnya masih lewat saluran.

“Namun banjir bandang kali ini tepatnya disebelah kecamatan. Sementara saluran bukan disitu, ” pungkasnya

Reporter : Yadi

Editing : Husairi

Publikasi : Jasuli

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan