Lensa Nusantara
Berita Bondowoso Daerah

Disperta Bondowoso Terjunkan Tim Kaswan untuk Memberikan Bantuan Kesehatan Ternak Pasca Banjir Bandang Ijen

Bondowoso – Dinas Pertanian melalui Sekretaris Dinas Pertanian Bondowoso, Jawa Timur, Hendri Widonono menyampaikan bahwa pihaknya telah menerjunkan tim Kesehatan Hewan (Keswan) ke lokasi Banjir Bandang di Kecamatan Ijen.

“Kita terjunkan tim Keswan pasca banjir untuk membantu masyarakat agar hewan ternak maupun hewan peliharaanya dapat terselamatkan”, Jelasnya Kamis,30/01/2020.

Penyuntikan masal yang dilakukan tim kaswan hanya kepada hewan yang terkena dampak banjir saja.

” Yang ditangani yang kemasukan air kemudian yang terendam lumpur itu ditangani dan disuntik antibiotik untuk mencegah kalau kena bakteri dan lain sebagainya, kemudian diberikan vitamin dan antiseptik”, Ungkapnya.

Dikatakan, demi mencegah penyakit kulit tim kaswan dengan sigap memberikan penyuntikan, penyakit tersebut yang sering terjadi ketika pasca mengalami banjir.

“Biasanya pasca banjir hewan yang terdampak terserang penyakit kulit, Alhamdulillah teman-teman dari bagian Keswan sudah antisipasi dengan melakukkan penyuntikan masal”, Tegasnya.

Dikatakan bahwa estimasi kerugian belum bisa dipastikan karena kemungkinan masih bertambah, Penyuntikan juga belum teratasi semua karena keterbatasan personil.

” Yang terdampak ada sekitar 800 ekor kambing, namun Belum semuanya, nanti akan terus dilakukan, tadi masih sekitar 250 yang sudah ditangani”, Imbuhnya.

Selain itu, Tim Belum mampu menangani semua menurutnya karena ada sebagian kandang yang masih digembok atau dikunci sama pemiliknya .

Tidak hanya itu tim Keswan Dinas Pertanian Bondowoso juga memberikan bantuan mie instant dan obat-obatan untuk korban banjir bandang Kec. Ijen. (Arik)

Related posts

Peningkatan Perceraian di Bondowoso, Ternyata Ini Penyebabnya

Lensa Nusantara

Kepala Desa Menyampaikan Terima Kasih Kepada Kodim 0822 Bondowoso Tempatkan TMMD ke-110 di Desa Klekean

Lensa Nusantara

Ketua HIPMA Lakansai, Sayangkan PEMDA BUTUR Tidak Prioritaskan Bangun Jaringan di Pesisiir Kulisusu Utara

Lensa Nusantara