Bupati Bondowoso : Kami Akan Berupaya Semaksimal Mungkin, BLT Cair Sebelum Lebaran

  • Bagikan
Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah SMSI-MURI-C-1.png

BONDOWOSO – Bantuan Langsung Tunai (BLT) sampai saat ini belum juga tersalurkan di Bondowoso, hal ini dikarenakan pendataan di desa belum juga terselesaikan. Termasuk masih ada pendataan warga yang salah sasaran.

Bupati Bondowoso, Salwa Arifin mengatakan, kendala ini tidak hanya di Bondowoso saja melainkan di beberapa kabupaten lain juga sama.

“Maklum itu di seluruh Indonesia. Sehingga penyalurannya harus benar-benar disampaikan kepada masyarakat terutama aparat desa, supaya betul-betul mereka tahu bahwa ini sudah instruksi dari pemerintah pusat,” ujarnya, Senin (4/5/2020).

BACA JUGA :  Aksi Walk Out Anggota DPRD Bondowoso Mewarnai Kedatangan Bupati Salwa di Rapat Paripurna

Bupati Salwa mengkhawatirkan aparat desa kurang memperhatikan instruksi dari atas dan tidak mendengar masalah itu.

“Jadi kami berupaya untuk memaksimalkan bagaimana pemerintah desa proaktif menanyakan perihal ini,” katanya.

Salwa mengatakan sebisa dan secepat mungkin BLT ini akan disalurkan, karena itu menyangkut kebutuhan masyarakat apalagi di tengah pandemi ini.

“Kami akan berusaha sebisa mungkin, terutama menjelang hari raya ini BLT sudah bisa tersalurkan,” terangnya.

BACA JUGA :  Pembangunan Gedung Perpustakaan SDN 2 Rawi, Diduga Proyek Siluman

Bupati berkata, seandainya ada data masyarakat yang tidak bisa tercover semua oleh desa, pihak kabupaten belum bisa menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Karena kemampuan kita belum mampu kesitu. Mungkin nantinya akan dicarikan solusi lain. Untuk Perbup (peraturan bupati) tentang BLT juga masih belum ada, hal ini masih kita bicarakan lebih lanjut,” jelasnya.

Salwa juga berpesan kepada petugas pendataan warga yang akan mendapatkan BLT, agar serius dalam mendata. Pendataan jangan sampai salah alamat maupun salah sasaran.

BACA JUGA :  Bupati Bondowoso Laporkan Ketua DPRD, Ahmad Dafir: Akan Saya Sampaikan Bahwa Saya Tidak Bohong

“Pendataan BLT ini yang terkadang salah alamat, memang ini merupakan hal yang biasa. Hanya saja kami pemerintah berupaya supaya data itu tepat sasaran dan melakukan perbaikan-perbaikan. Maka himbauan kepada seluruh tugas, supaya betul-betul menjalankan tugas dengan baik, pendataan harus sesuai sasaran. Jangan salah nama dan tidak salah sasaran,” pungkasnya.

  • Reporter : Yadi/Dofir
  • Editor : Arik Kurniawan
  • Publikasi : Jasuli/Mistari
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan