BeritaPemerintahan

Lima Fraksi DPRD Butur Apresiasi Pencapaian WTP Beruntun dari BPK

×

Lima Fraksi DPRD Butur Apresiasi Pencapaian WTP Beruntun dari BPK

Sebarkan artikel ini

Buton Utara, https://lensanusantara.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara (Sultra) kompak memberikan apresiasi terhadap pencapaian predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019. Predikat itu, sudah tiga tahun berturut-turut diterima.

Example 300x600

Penghargaan tersebut, disampaikan dewan melalui pandangan umum fraksi dalam Rapat Paripurna penyerahan sekaligus penjelasan Bupati Butur atas Raperda tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun anggaran 2019 di Ruang Sidang Gedung DPRD setempat, Rabu (6/9/2020).

Alias Dadi Agusman, saat menyampaikan pandangan Fraksi Gerakan Amanat Rakyat, memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah atas capaian tersebut. Menurutnya, itu adalah bentuk kerjasama yang baik Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dalam menetapkan program-program kerja pembangunan.

Fraksi PDI Perjuangan, juga menyampaikan pandangan serupa. Capaian tersebut, dinilai menunjukkan penggunaan anggaran yang baik.

“Predikat tersebut tentunya menunjukkan bahwa Bupati Butur dan seluruh jajaran OPD telah bekerja dengan baik secara efektif, efisien dan akuntabel dalam penggunaan anggaran,”ujar Fatriah, Ketua Fraksi PDIP.

Begitu pula dengan Golongan Karya (Golkar). Fraksi yang dipimpin Abdul Mustarif Saleh itu menilai capaian tersebut merupakan prestasi membanggakan bagi daerah. Sehingga predikat WTP harus tetap dipertahankan di masa-masa yang akan datang.

“Fraksi Golongan Karya berharap pemerintah daerah tidak cepat merasa puas dengan capaian kinerja tata kelola keuangan pemerintah kabupaten Butur yang mendapat pujian WTP, tetapi prestasi ini harus mampu terus di pertahankan,” kata Abdul Mustarif.

Hal yang tidak kalah penting, lanjutnya, upaya mempertahankan predikat opini WTP tersebut, dilakukan berbarengan dengan langkah konkrit yang menyangkut peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Fraksi Golkar berpendapat, masih ada beberapa sektor yang perlu diperhatikan, diantaranya peningkatan pendapatan asli daerah (PAD), pelayanan masyarakat yang bersifat umum seperti infrastruktur jalan, pertanian, pendidikan termasuk pelayanan kesehatan.

Rustamin, Ketua Fraksi Persatuan Bangsa, juga mengucapkan selamat serta memberikan penghargaan kepada seluruh OPD. “Dengan harapan Kabupaten Buton Utara ke depan lebih maju dan sejahtera sebagai harapan dari masyarakat Butur,” kata Rustamin.

Serupa meski tak sama, Fraksi Adil Demokrat juga memberikan respon positif atas capaian predikat tersebut. Sejalan dengan itu, juga perlu dilakukan peningkatan pengawasan pengeluaran keuangan daerah guna mendukung kegiatan pembangunan agar terkontrol dengan baik.

Kemudian, pelaksanaan kegiatan pembangunan harus tepat waktu dan sasaran serta peningkatan pengelolaan keuangan daerah sehingga terlihat antara penyerapan dan pengeluaran anggaran berdasarkan kebutuhan daerah.

“Serta memandang perlu optimalisasi pendapatan daerah dengan memaksimalkan seluruh potensi pendapatan daerah yang ada,” tandas Mazlin, saat membacakan pandangan fraksi.

Menanggapi pandangan fraksi, Bupati Butur, Abu Hasan, menyatakan predikat WTP diperoleh bukan hanya karena kerja dari eksekutif sendiri. Legislatif selaku mitra Pemda, kata dia, juga punya peran besar dalam proses pencapaiannnya.

“Terkait dengan apresiasi wtp, ini bukan kerja saya sendiri, bukan kerja eksekutif sendiri, tapi kerja kita bersama-sama. Ini peringkat bersama, dan kalau mau diberikan apresiasi, saya pun memberikan apresiasi balik kepada kawan-kawan yang terhormat anggota DPRD atas dukungannya selama ini,” tuturnya.

Karena kemitraan yang terbangun dengan baik selama inilah, menurutnya sehingga seluruh penyelenggaraan pemerintahan, terutama terkait dengan tata kelola keuangan bisa diwujudkan.

“Sehingga kita memperoleh opini WTP dari BPK sudah tiga tahun berturut-turut dan mhdah-mudahan berkesinambungan di masa-masa yang akan datang,” ujarnya.(Dirwanto).

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Tinggalkan Balasan