BeritaFeatured

Pemerintah Pantau Kondisi Gunung Semeru

×

Pemerintah Pantau Kondisi Gunung Semeru

Sebarkan artikel ini

Lumajang, LENSANUSANTARA.CO.ID – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB, dan Forkopimda Prov Jatim, melakukan kunjungan di kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Dalam rangka Peninjauan Lokasi Terdampak Erupsi Gunung Semeru, dan memantau Perkembangan situsasi Gunung Semeru sampai dengan saat ini pada Kamis (3/12/2020).

Example 300x600

Selain itu, dalam kunjungan ini Forkopimda Jatim dan Kepala BNPN juga memberi bantuan dana siap pakai penanganan darurat bencana erupsi Gunung Semeru kepada Bupati Lumajang.

Kepala BNPB, Letjen Doni Monardo bersama anggota DPR RI Komisi VIII, Ali Taher dan didampingi Forkopimda Jatim, yakni Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansah, Pangdam V Brawijaya, Mayjend TNI Suharyanto, bersama pejabat utama Kodam V brawijaya, dan Kapolda Jatim, Irjen Pol Dr. Nico Afinta, beserta pejabat utama Polda Jatim dan Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko.

Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Danrem 083 Baskara Jaya, Kolonel Inf. Subekti, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, Kapolres Lumajang, AKBP Deddy Foury Millewa, Dandim 0821 Lumajang, Letkol Inf. Andi A. Wibowo dan Plt. Kepala BPBD, Agus Triyono.

Dalam kegiatan ini rombongan Forkompinda Jatim dan Forkompimda Kabupaten Lumajang berangkat dari pendopo Kababupaten Lumajang menuju Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Pos Pengamatan Gunung Api Semeru Gunung Sawur, di dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh Kecamatan, Candipuro Kabupaten Lumajang.

Selanjutnya, Forkopimda Jawa Timur, didampingi Forkopimda Kabupaten Lumajang, masuk ke ruang pos pemantauan dan melihat seismograf dan visual Gunung Semeru tertutup kabut.

Gubernur Jatim mengatakan, bahwa ddirinya ingin terus mengetahui perkembangan terkait kondisi gunung semeru, kepada BPBD terkait antisipasi secara teknis dan strategis sebagai dampak dari adanya bencana letusan semeru saat ini.

“Terima kasih kepada Forkopimda Lumajang, saya sudah diantar untuk melihat kondisi Gunung Semeru saat ini. Kami ingin mendapatkan update terkait kondisi terkini, kondisi Gunung Semeru. Mitigasi resiko bencana harus dilakukan secara detail, kami ingin konfirmasi ke team BPBD terkait antisipasi secara teknis dan strategis sebagai dampak dari adanya bencana letusan semeru saat ini,” Ucapnya khofifah Indar Parawansa didampingi Kapolda Jatim, dan Pangdam V Brawijaya.

Selanjutnya rombongan kembali melakukan pemantauan dan meluangkan waktu untuk menyapa warga yang berada di pos sawur dan menuju Lokasi Curah Kobokan di Kecamatan Pronojiwo. Kepala BNPB bersama Forkopimda Jatim dan Forkopimda Kabupaten Lumajang melakukan pengecekan lokasi Curah Kobokan dan memberikan bantuan dana siap pakai penanganan darurat bencana erupsi Gunung Semeru, sebesar 500 juta rupiah kepada Bupati Lumajang, dan Bantuan satgas penanganan Covid 19 kepada Pemprov Jatim diterima Gubernur Jatim, serta Bantuan sarana prasarana untuk penanganan darurat bencana erupsi, kepada anggota DPR RI Komisi VIII.

Kegiatan kunjungan kerja Kepala BNPB, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo beserta rombongan Forkopimda Provinsi Jawa Timur di wilayah Kabupaten Lumajang, dalam rangka meninjau jalur evakuasi dan lokasi pengungsian di wilayah yang terdampak akibat erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

Perlu di ketahui bersama, bahwa Perkembangan situsasi Gunung Semeru sampai dengan saat ini masih terdapat getaran banjir dengan tingkat aktivitas level II (Waspada) dan direkomendasikan masyarakat atau pengunjung, dan wisatawan, tidak beraktivitas dalam radius 1 Kilo meter dari kawah, atau puncak Gunung Semeru, serta jarak 4 Kilo meter arah bukaan kawah di sektor selatan-tenggara, mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru.(Ark)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.

Tinggalkan Balasan