Lensa Nusantara
Featured Sulawesi

Masuki Tahun Ketiga Asuransi Pertanian, Pemkab Bantaeng Kembali Tandatangani MoU dengan PT. Jasindo

BANTAENG, https://lensanusantara.co.id – Bertempat di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Bantaeng, baru saja dilangsungkan Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama antara Pemkab Bantaeng dengan PT. Asuransi Jasa Indonesia tentang Fasilitasi Asuransi Pertanian, Jum’at (22/1) Pagi.

Sebagaimana telah diketahui bersama bahwa usaha di Sektor Pertanian, khususnya usaha tani padi dan ternak sapi dihadapkan pada resiko kegagalan sebagai akibat dampak perubahan iklim yang dapat merugikan petani. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Bantaeng memberi solusi terbaik berupa program Asuransi Pertanian sebagai perlindungan bagi para Petani untuk melindungi usaha taninya, dimana Asuransi Pertanian ini merupakan pengalihan resiko yang dapat memberikan ganti rugi akibat kerugian usaha tani sehingga keberlangsungan usaha tani dapat terjamin.

Branch Manager PT. Asuransi Jasa Indonesia, Tony Hendrawan, pada kesempatan itu melaporkan bahwa di tahun 2020 PT. Jasindo menerima premi asuransi sebesar 713 juta dan menyelesaikan klaim sebesar 117 juta untuk asuransi tani. Dan untuk ternak sapi, PT. Jasindo menerima premi sebesar 1,2 milyar dan menyelesaikan klaimnya sebesar 1,1 milyar. “Ke depannya kami mengajak Pemkab Bantaeng untuk mengembangkan prospek yang bisa disinergikan untuk mengembangangan penyelamatan ekonomi nasional. Kami juga berkomitmen untuk tetap melayani masyarakat di Bantaeng dalam hal asuransi pertanian dan ternak nelayan sehingga terwujud petani yang maju, mandiri, modern dan berasuransi”, ujar Tony.

Sementara itu, Bupati Bantaeng, H. Ilham Azikin dalam sambutannya mengatakan bahwa di masa pandemi ini satu-satunya sektor yang masih memberikan produktivitas yang baik dalam mendukung pergerakan ekonomi di negara kita.

“Asuransi ini menjadi bagian yang penting, dan akan menjadi sesuatu yang membanggakan bagi kami. Klaim asuransi tersebut diharapkan dapat meringankan dan menjaga semangat produktivitas petani yang ada di Kab. Bantaeng. Semoga dukungan ini tidak hanya berhenti pada satu atau dua sektor saja, sehingga kehadiran kita secara kelembagaan betul-betul bermanfaat bagi masyarakat Kab. Bantaeng”, kata Bupati.

Kerjasama antara Pemerintah Kab. Bantaeng dengan PT. Jasindo telah berjalan selama dua tahun dan saat ini telah memasuki tahun ketiga. Diharapkan kerjasama ini dapat terus terjalin demi kesejahteraan masyarakat petani di Kab. Bantaeng.

Penandatanganan MoU dan PKS dilakukan langsung oleh Bupati Bantaeng bersama Branch Manager PT. Asuransi Jasa Indonesia dan disaksikan oleh Kepala Dinas Pertanian, Budi Taufik dan Bpk. Hispano Widodo selaku perwakilan PT. Jasindo.

Turut hadir pada kegiatan tersebut yakni Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, H. Syamsul Suli, serta Kepala Dinas dan Kepala Bagian terkait.(Fahmi)

Related posts

Kapolsek Medan Area Laksanakan Kegiatan Binluh Prokes Covid-19 Bersepeda

Lensa Nusantara

Pesan Kapolri Kepada Delapan Kapolda yang Baru Dilantik: Netralitas Hingga Tegakan Prokes

Lensa Nusantara

Layani Masyarakat, Subangkit Adiputra Bantu pengurusan E-KTP Secara Gratis

Admin 4