Lensa Nusantara
Featured Lampung

Pencanangan Vaksinasi Covid-19, Kabupaten Way Kanan di RSUD Zainal Abidin Pagar Alam

WAY KANAN, LENSANUSANTARA.CO.ID – Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M,
Bismilahirohmannirohim, Assalammualaikum, Wr, Salam sejahtera untuk kita semua,
Tabik puun.

Yang saya hormati, Anggaota Forkopimda Kabupaten Way Kanan, yang saya hormati, Sekda, Para Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala Badan, Kepala Dinas, dan Kepala Bagian dilingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Tokoh Agama, tokoh masyarakat, Peserta Penyuntikan Vaksin Covid-19 dan hadirin yang berbahagia.


Marilah terlebih dahulu kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, bahwa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kita dapat bersilaturrahmi di Aula RSUD Zainal Abidin Pagar Alam Kabupaten Way Kanan dalam rangka Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Tingkat Kabupaten Way Kanan dalam keadaan sehat walafiat.


Sholawat serta salam kita sanjungkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, yang kita nantikan syafaatnya di Yaumil Akhir nanti. Aamiin Ya Robbal Alamiin.

Hadirin yang saya hormati, Pemerintah telah menetapkan pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) sebagai bencana non-alam.

Pemerintah telah mengumumkan kasus konfirmasi pertama COVID-19 di Indonesia pada awal Maret 2020. Dalam rentang waktu satu bulan, seluruh provinsi di Indonesia telah melaporkan kasus konfirmasi.

Penyebaran COVID-19 tidak hanya terjadi di Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan kota-kota besar lainnya, namun telah menyebar hingga ke pedesaan bahkan di daerah terpencil.

Oleh karena itu, perlu segera dilakukan intervensi tidak hanya dari sisi penerapan protokol kesehatan namun juga diperlukan intervensi lain yang efektif untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit melalui upaya pemberian vaksinasi.


Vaksinasi merupakan upaya kesehatan masyarakat paling efektif dan efisien dalam mencegah beberapa penyakit berbahaya. Sejarah telah mencatat besarnya peranan vaksinasi dalam menyelamatkan masyarakat dunia dari kesakitan, kecacatan bahkan kematian akibat Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Vaksinasi (PD3I), seperti Cacar, Polio, Tuberkulosis, Hepatitis B yang dapat berakibat pada kanker hati, Difteri, Campak, Rubela dan Sindrom Kecacatan Bawaan Akibat Rubela (Congenital Rubella Syndrome/CRS), Tetanus pada ibu hamil dan bayi baru lahir, Pneumonia (radang paru), Meningitis (radang selaput otak), Kanker Serviks yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus dan Japanese Encephalitis (JE).

Bapak, ibu, saudara-saudara yang saya hormati,
Dalam vaksinasi terdapat konsep Herd Immunity atau Kekebalan Kelompok. Kekebalan Kelompok ini hanya dapat terbentuk apabila cakupan vaksinasi pada sasaran tinggi dan merata di seluruh wilayah. Sebagian besar sasaran yang telah kebal tersebut secara tidak langsung akan turut memberikan perlindungan bagi kelompok usia lainnya, sehingga bila ada satu atau sejumlah kasus PD3I di masyarakat maka penyakit tersebut tidak akan menyebar dengan cepat dan Kejadian Luar Biasa (KLB) dapat dicegah.


Konsep ini merupakan bukti bahwa program vaksinasi sangat efektif juga efisien karena hanya dengan menyasar kelompok rentan maka seluruh masyarakat akan dapat terlindungi. Upaya pencegahan melalui pemberian program vaksinasi jika dinilai dari sisi ekonomi, akan jauh lebih hemat biaya, apabila dibandingkan dengan upaya pengobatan.

Bapak-bapak, ibu-ibu yang saya hormati,
Dalam Pelayanan vaksinasi COVID-19 dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu dengan menerapkan upaya Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) dan menjaga jarak aman 1 s/d 2 meter.
Tujuan kita pada hari ini berkumpul di sini adalah untuk melakukan pemberian vaksinasi Covid-19 yang pertama di Kabupaten Way Kanan secara simbolis, dan hal ini juga nanti akan di ikuti secara bersamaan pelaksanaan imunisasi vaksin Covid-19 di seluruh Fasilitas Kesehatan Kabupaten Way Kanan.


Selanjutnya setelah acara pencanangan penyuntikan vaksin covid-19 ini, kita akan melaksanakan vaksinasi untuk tenaga kesehatan di Kabupaten Way Kanan. Masyarakat tidak perlu takut dan khawatir karena pejabat sudah melaksanakan dan di imunisasi Covid-19 terlebih dahulu.


Saya berharap agar pelaksanaan imunisasi Covid-19 di Kabupaten Way Kanan dapat di lakukan secara aman dan lancar, dan upaya yang kita lakukan mendapat Ridho dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.


Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Akhirnya dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim Pencanangan Vaksinasi Covid-19 secara resmu saya nyatakan dibuka.


Sekian dan terimakasih,
Wasalamu’alaikum Wr, Wb.tutup Bupati.(Yudi)

Related posts

SMAN 1 Jatisari Terus Berbenah Melalui Program Adiwiyata

Lensa Nusantara

Perhutani Bondowoso Berikan Sembako Kepada Pekerja Hutan Sebanyak 913 Paket

ADM

Bawaslu Lampung Timur Mendatangi Rumah Oknum Kepala Desa dan Seketaris Desa Mengadung Sari

Lensa Nusantara