Lensa Nusantara
Berita Featured

Soal Pendataan Kompensasi Eks Pengungsi, Warga Hal-Sel Pertanyakan Kebenaran Data yang Diakomodir dan Kejelasan Pengurus

Halmahera Selatan, LENSANUSANTARA.CO.ID
Pemerintah Berdasarkan Putusan PK Mahkamah Agung, Wajib membayar atau mengganti bantuan eks pengungsi kerusuhan di Tahun 1999 – 2000.

Pemberian ganti rugi kepada korban eks pengungsi kerusuhan di Respon baik oleh masyarakat Halmahera Selatan. olehnya, warga menyerahkan sejumlah dokumen berupa KK dan KTP kepada pengurus yang mengumpulkan data.


Akan tetapi, pelaksanaan pendataan pengurus di lapangan se olah-olah tidak jelas dan di pertanyakan sebagian warga.

Pasalnya pendataan di lapangan pada tahun 2019 hingga 2020 di lakukan secara berulang-ulang dengan pengurus yang berbeda-beda, akibat dari hal itu salah seorang warga berinsial IJ (47) mempertanyakan kejelasan pengurus dan keabsahan data yang di akomodir.

” IJ, Saya bingun, kemarin di Tahun 2019 sudah ada yang yang ambil data pengungsi, kemudian di tahun 2020 ada juga yang kumpul KK dan KTP untuk data pengungsi, bahkan sampai ada pelantikan pengurus di hal-sel,dan yang di lantik bukanlah orang-orang yang melakukan pendataan yang saya kenal di tahun 2019 itu.

Iyah kemudian melanjutkan
“terus di acara pelantikan pengurus Pada Hari ini sabtu 20 Februari juga pelantikanya langsung oleh Ketua/koordinator LBH kepton Maluku utara atas nama Kadrin Djabab SH.,MH. bahkan pula kuasa hukum LBH kepton Pak La Ode Zulfikar pun turut hadir dalam acara pelantikan tersebut. sebenarnya pengurusnya yang mana yang betul ? Dan data mana yang betul.? ” Tuturnya.Sabtu 20/2/2021

Ketua LBH Kepton La Ode Zulfikar Nur saat di wawancarai awak media Lensa Nusantara Multimedia di salah satu hotel (Skey) tomori mengatakan.

” pada prinsipnya korwil untuk maluku utara ini belum ada, kalaupun ada, itu pendata-pendata besar, karna korwil-korwil yang di anggap d maluku utara itu banyak, ada Ibu katrina, ada Pak Rahman Ode, ada juga pak Laga Huda, itu pada prinsipnya semua pendata-pendata besar, kalau pada akhirnya tim teknis akan nanti kami bicarakan ulang siapa koordinator wilayah.”

” Kemudian kenapa hari ini belum kami bentuk, karna memang situsi yang belum memungkinkan untuk kami harus bentuk.
Ungkapnya.”

Lanjut Pak La ode Zulfikar Nur, dalam wawancaranya dengan wartawan Lensa nusantara ketika di tanyai soal ke absahan data by name by adres yang di ambil oleh beberapa pengurus pada Tahun 2019-2020 dan di serahkan kepada pak Rahman Ode Nuru.

La ode Zulfikar Nur bilang, ” O iyah,kalau datanya Pak Rahman Ode Nuru itu sudah masuk di jakarta, Sudah Rampung ,dan itu sudah bagus.sudah kami pelajari, dan tinggal nanti di bikin Tugas.
Jadi, katakanlah datanya Rahman Ode Nuru, datanya Laga Huda, Ibu katrina, ibu siti, Itu data yang hari ini kami olah di maluku utara dan itu tidak ada yang hangus, mereka itu semua adalah pendata-pendata besar saya. Jadi, Pak Rahman juga menjadi ketua di kelompoknya ibu katrina juga menjadi ketua di kelompoknya, masing-masing menjadi ketua di kelompoknya sendiri.” cetusnya.
Sabtu 20/2/2021

Sementara itu Ketua/korwil maluku utara Kadrin Djabab SH.MH saat di mintai keterangan via Watshap pada Sabtu sore, tidak memberikan keterengan apa-apa sekalipun pesan watshap sudah di buka dn di baca.

Dalam kesempatan lain Humas kepanitiaan Maryono Husana saat di mintai keterangan menjelaskan.

” terkait dengan data yang di kumpulkan tim terdahulu saya tidak tahu menahu datanya ada di mana dan informasi dananya ada di mana, kami yang mengumpulkan data ini setelah PK sudah selesai di bulan juli september 2020.”

Lanjut Maryono Husana ,
“kami tim baru yang di bentuk di bawah kepengurusan ibu siti lamina berjalan dari bulan november 2020. pengumpulan data dengan partisipasi 50 ribu ,data itu sudah terkumpul dan alhmdulillah data itu sudah finish, sudah selesai.dan kita sudah tidak mengumpulkan data lagi, kalaupun ada pihak oknum-oknum lain yang mengumpulkan data, itu di luar dari LBH Kepton” ucapnya

Dan untuk penyaluran sendiri,pak dirut La Ode Zulfikar Nur mengambil rengs waktu yang agak jauh 6/7 bulan ke depan baru penyaluran. Kemudian juga untuk pengumpulan data LBH kepton yang mengumpulkan dan LBH kepton pula yang nantinya menyalurkan.Tutupnya Minggu 21/2/2021.(Husen Yusuf)

Related posts

Respon Keluhan Masyarakat, DPRD Seluma Sidak ke RSUD Tais

Lensa Nusantara

Bupati Bantaeng Beri Bantuan Korban Angin Puting Beliung

Lensa Nusantara

Dandim 0822 Bondowoso Vidcon Evaluasi Progja Bidang Teritorial bersama Aster Kasdam V Brawijaya

Lensa Nusantara