Lensa Nusantara
Bondowoso

Urgensi Sirkuit Balap Motor di Bondowoso


Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – Tahun 2021 diperkirakan akan menjadi tahun emas bagi dunia olahraga motor Indonesia, bagaimana tidak.. Indonesia dengan sirkuit mandalikanya masuk dalam daftar gelaran olahraga motor kelas dunia yaitu World Superbike dan MotoGP, Indonesia pun punya pembalap di WSS dan team di Moto2 yaitu Pertamina Mandalika Racing Team & Indonesian Racing Team ft. Gresini.

Lalu apa hubungannya dengan Bondowoso? Bondowoso merupakan salah satu penggila olahraga motor di Jawa timur, sebelum pandemi covid sangat sering diadakan event Road race di Bondowoso, banyak pembalap nasional yang lahir di Bondowoso, dan Antusiasme masyarakat Bondowoso sangat besar terhadap olahraga ini, sama besarnya dengan sepak bola. Sayangnya, belum ada satupun sirkuit balap motor jalanan di Bondowoso, baik itu permanen maupun semi permanen, padahal atmosfer olahraga bermotor disini sudah sangat mendukung. Ekosistemnya sudah berjalan, banyak penghobi motorsport, banyak bengkel, banyak mekanik, hanya wadahnya saja yang belum ada.

Sebagai penikmat, pemerhati, dan pelaku hobi olahraga bermotor ini, kami merasa perlu menyuarakan harapan teman-teman pembalap maupun non pembalap (penghobi) di Bondowoso. Tidak bisa dipungkiri, karena minimnya tempat berlatih, kami “terpaksa” Menyalurkan hobi di tempat yang “sebenarnya” Kurang tepat, walaupun komunitas olahraga motor yang ada di Bondowoso kami yakini selalu menjunjung tinggi safety ride & safety gear, namun ada saatnya keadaan diluar kendali kami (force majeur) menyebabkan kecelakaan yang apabila aktivitas ini dilakukan pada “tempatnya” Maka resiko cedera dan mencederai akan minim.

Kita tahu bahwa sangat banyak komunitas Sunday Morning Ride penyuka cornering, komunitas drag bike, dan bibit-bibit pembalap di Bondowoso yang jika pemerintah/ada pihak swasta mau membangun sarana dan prasarana olahraga bermotor di Bondowoso walaupun hanya skala kecil, dipastikan akan sangat bermanfaat bagi minat dan bakat mereka sebagai pembalap/calon pembalap, mekanik dan bengkel-bengkel balap di Bondowoso.

Bukan tidak mungkin the next Valentino Rossi bisa berasal dari Kabupaten Bondowoso, kota kecil di ujung Jawa Timur, sama seperti Rossi yang berasal dari Tavuilla.. Kota kecil di Italia.

Penulis : Inaka Patria Farino, S. H.
Pembina & Pendiri Komunitas Olahraga Motor @Sunmori Bondowoso Sejak Tahun 2016.

Related posts

Bappenas Tawari Pemkab Bondowoso 200 Miliar

Lensa Nusantara

Merasa Terancam dan Menjadi Korban Penganiayaan Nanang Laporkan IM Ke Polisi

ADM

Kodim 0822 Bondowoso Memperingati HUT Kowat ke-59 dan Hari Ibu ke-92 Tahun 2020

Lensa Nusantara