Lensa Nusantara
Featured Pemerintahan

KAJARI Kabupaten Bogor Optimis Capai WBK dan WBBM Tahun Ini

Bogor, LENSANUSANTARA.CO.ID
Setelah pada 2020 lalu gagal
memenuhi syarat-syarat, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bogor kembali mencanangkan zona intergrasi Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

“Tahun lalu kita gagal memenuhi syarat-syarat, tetapi tahun 2021 ini kita kembali dan harus berhasil dalam mencanangkan zona intergrasi WBK dan WBBM di lingkup Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor Munaji kepada wartawan, Rabu (31/3/2021).

Dia menambahkan, pada hari ini jajarannya secara mental soap menandatangani komitmen bersama agar aparatur Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor jujur dalam bekerja.

“Agar tercipta zona integritas WBK dan WBBM di Bumi Tegar Beriman, maka aparatur Kejaksaan Negeri haruslah jujur dalam bekerja. Jika dulu istilahnya kita dilayani maka sejak beberapa tahun ini kami lah yang melayani,” tambahnya.

Agar bersih dari tindak pidana korupsi dan bersih dalam melayani, maka Munaji sudah membatasi para jaksa Kejari Kabupaten Bogor untuk tidak bertemu dengan pihak yang berperkara.

“Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor akan membatasi para pihak yang berperkara bertemu dengan para jaksa yang menanggani perkaranya, sebagai bentuk keterbukaan publik kami akan membentuk layanan terpadu satu pintu dan ruang khusus tamu,” tutur Munaji.

Kasi pidana khusus Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor Bambang Winarno menegaskan bahwa jajaranna semakin tegas dalam melawan tindak pidana korupsi.

“Tahun 2020 lalu, kami berhasil menyelamatkan uang negara sebesar Rp2,1 miliar dari tangan para pelaku korupsi. Di awal tahun ini kami sudah mengungkap kasus korupsi dana desa dan bantuan keuangan dari Pemprov Jawa Barat dengan besar kerugian negara sebesar Rp905 juta,” tegas Bambang.

Dia menerangkan, jumlah uang negara yang diselamatkan jajarannya akan bertambah apabila lelang beberapa lahan, rumah dan aset para pelaku korupsi terlelang.

“Bersama instansi yang berwenang melelang, kami sedang melelang beberapa lahan, rumah dan aset para pelaku korupsi baik itu di Kabupaten Bogor maupun di luar Bumi Tegar Beriman. Jika sudah terlelang maka uang negara yang terselamatkan atau dikembalikan ke negara akan bertambah nilainya,” terangnya. (Moel)

Related posts

Pamhut Mantingan Beraksi Hadang Mobil Angkut Kayu

Lensa Nusantara

Dua Oknum ini Sentuh Kabel yang Melintas Jalan

Lensa Nusantara

Ketua Umum SMSI Firdaus Dukung Kapolri Utamakan Langkah Damai

Lensa Nusantara