Lensa Nusantara
Berita Bondowoso

Penetapan Nomer Urut Cakades Pujer Baru, Berikut Paparan dari Pihak Terkait

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – Penetapan nomer urut Calon Kades di Desa Pujer Baru Kecamatan Maesan. yang diselenggarakan oleh panitia pilkades, serta dihadiri Forpimka Kecamatan, tokoh agama Babinsa dan Babinkamtibmas, juga masyarakat, dan 5 Calon Kepala Desa (CAKADES), itu terlaksana. pada Rabu (27/10/2021).

Seperti yang dikatakan “Yayak’ sapaan akrabnya selaku PJ Desa Pujer Baru mengatakan kepada awak media.
“Panita dengan kami selalu kordinasi dalam melakukan tahapan-tahapan yang ada, dan harapan saya kedepan untuk kompetensi ini menjadi kompetensi baik, dan tidak menjadi kompetensi buruk, terhadap para calon-calon di Desa Pujer Baru, dan tetap mengedepankan tali persaudaraan antar calon.” harap Yayak’

BACA JUGA :  Gelar Konferensi Pers Ungkap Kasus Operasi Tumpas Narkoba Semeru 2021, Kapolres Probolinggo: Masa Depan Ratusan Pemuda Terselamatkan

Yayak’ juga menambahkan terkait jumlah TPS per Dusun. “Dalah hal ini kami sesuaikan dengan banyaknya hak pilih yang 4000 ribu lebih jumlahnya, dan kita sesuaikan dengan peraturan yang ada yakni kita ambil lima ratus pertika, jadi disini setiap dusun kan berbeda-beda jadi kita sesuaikan.” paparnya,

Sementara itu, Huda Selaku Ketua Panitia Penyelenggara Pilkades Desa Pujer juga menambahkan, secara rinci terkait antisipasi kampanye.

“Diadakannya jadwal kampanye, dan diadakan kampanye. dialogis, karena di hari pertama, karena waktunya hanya 3 hari, maka yang 1 hari kami gunakan kampanye dialogis, yang diadakan di kantor desa, dan masing-masing calon diperbolehkan membawa tiga pendamping. untuk masuk kantor desa.” kata huda

BACA JUGA :  Tibanya di Way Kanan Vaksi Sinovac Covid-19 Dikawal Ketat Pihak Kepolisian

Masih dengan Huda. “Jadi pada H-,1satu sebelum kampanye nantinya, masing-masing colon kepala desa, sudah bisa setor ke panitia tentang visi misi yang akan disampaikannya. takutnya apa yang jadi visi misi CAKADES ketika di dampaikan malah mengandung unsur ketersinggungan terhadap Calon Kades yang lain, dan kita selaku panitia sangat menjaga keharmonisan para peserta calon Kades.” pungkasnya Huda.

Terkait keamanan dan terbentuknya kekondusifan, Babinkamtibmas bersama Babinsa Pujer Baru, juga menjelaskan, baik sebelum dan ketika pelaksanaan Pilkades berjalan pihak polri dan TNI akan tetap siaga.

“Kalau terkait dengan tim dari polri nantinya untuk tim per TPS, masih belum ada penentuan, karena yang jelas kita akan dibantu oleh satuan lain dari TNI Polri untuk 9 TPS di Desa Pujer Baru, intinya, kami Babinkamtibmas dan Babinsa mengharapkan untuk Pilkades harus aman karena keamanan Desa Pujer Baru merupakan tanggung jawab kami.” tegas Iptu Supriono babinkamtibmas.

BACA JUGA :  Terungkap, 'Photo Jenasah Laskar FPI Tersenyum' Ternyata HOAKS

Di tempat yang sama, Suparno, Sersan Kepala selaku Babinsa di desa tersebut menyampaikan, “Seperti pada umumnya setiap desa-desa, ada yang namanya ‘Cegah Dini’, jadi sebelum terlaksananya pesta Pilkades sampai dengan selesai, kita sudah mendeteksi lokasi atau titik daerah yang rawan ada kejadian.” Paparnya Suparno. (Dhofir)