free stats

Pelaksanaan Musrenbang, Warga Mallilingi Antusias dengan Usulan Program Pelatihan Pertanian Alami

Bantaeng, LENSANUSANTARA.CO.ID – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kelurahan yang berlangsung di Kelurahan Malilingi Kecamatan Bantaeng dibuka secara resmi oleh Camat Bantaeng, Rigas Panawang Hakim, Rabu Pagi (19/01).

Pada kesempatan itu, Lurah Malilingi, Ridwan menyampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbang di Kelurahan Malilingi kali ini tidak seperti biasanya di mana beberapa Organisasi Perangkat Daerah sempat hadir dan mengikuti hingga acara Musrenbang selesai. Kali ini ada Dinas Ketahanan Pangan, Dinas PUPR, Dinas KB dan BAPPEDA.

Sebelum acara Musrenbang dimulai diberikan kesempatan kepada perwakilan OPD untuk memberikan gambaran tentang program dan kegiatan yang relevan dengan OPD-nya masing-masing untuk menghindari munculnya usulan yang salah sasaran OPD sebagai penanggung jawab kegiatan yang dimaksud.

Dari hasil pemaparan masing-masing OPD Dinas Ketahanan Pangan mendapat usulan program Pelatihan Pertanian Alami dari 2 bidang yaitu Bidang Ekonomi dan Bidang Sosial Budaya.

Tampak antusiasme peserta yang sangat tertarik dengan Pelatihan Pertanian Alami setelah dipaparkan oleh Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bantaeng, Asniati Ninra.

Dikatakannya bahwa bahwa penerapan Pertanian Alami sangat mendukung salah satu program unggulan Bupati Bantaeng terkait ketersediaan pupuk. “Di samping itu dapat menumbuhkan kemandirian petani sehingga dapat mengurangi ketergantungan petani terhadap pupuk kimia bahkan para petani sendiri dapat memproduksi sendiri pupuk sesuai kebutuhan pertanamannya. Secara otomatis lingkungan/alam pun akan selalu terjaga”, tuturnya.(Fahmi)