free stats
Sosial  

Kehadiran SiJum di Desa Sindangjaya Disambut Baik Warga Sekitar

Pangandaran, LENSANUSANTARA.CO.ID – 25/02/2022 SiJum (Nasi Jum’at ) atau disebut juga Jum’at Berkah, merupakan salah satu program berbuat amal kebaikan yang dilaksakan oleh ibu – ibu dan menyalurkan donasi dari para donator setiap satu minggu sekali yaitu hari Jum’at.

Nasi Jum’at (Sijum) alias Jum’at Berkah berlokasi Desa Sindangjaya yang di rintis oleh salah seorang ibu rumah tangga asal Desa Sindangjaya Kecamatan Mangunjaya Evi Prihantini dan rekan – rekannya kini sudah hampir 7 jumat melaksanakan kegiatan rutin membagikan Nasi Box bagi para jema’ah Jum’at seusai melaksanakan sholat jum’at di kampung nya.

kegiatan ini dilaksakan setiap hari Jumat dengan membagi – bagikan ke masjid – masjid yang ada di wilayah Desa Sindangjaya kecamatan mangunjaya.

BACA JUGA :  Peduli Banjir Kepala Desa Lubang Buaya Yusuf Maulana

Awalnya kegiatan ini Terinspirasi dari program.SIJUM ( Nasi Jum’at) Nasional atau kalau bahasa lain adalah Jum’at Berkah, maka Evi pun mulai menyentuh kampung nya sendiri dengan berkoordinasi semua warga yang ada dikampungnya.

Sesudah berkomunikasi dengan rekan rekannya dibuatkanlah grouf WA sebagai sarana komunikasi untuk Donasi, sesudah di umumkan di grouf WA ternyata banyak yang berminat para donator untuk acara Nasi Jumat ( Sijum) atau Jum’at Berkah.

Para donator tersebut memberikan sodaqoh tersebut berbeda beda, ada yang ngasih beras, ikan, uang, kegiatan ini sudah berjalan tujuh jum’at ke belakang dilaksanakan di Desa Sindangjaya Kec.mangunjaya Pangandaran, tepatnya di Rt 22 dan panitianya dari dua Rt yaitu rt 22 dan Rt 23, sesduah semua terkumpul hasil donator maka di belanjakan sesuai kebutuhan, lantas dimasak oleh Panitia yang bertempat disalah satu warga yang bernama Aan.

BACA JUGA :  Pemuda Batak Bersatu Desa Mataram Baru Kecamatan Mataram Baru Mengadakan Bantuan Sosial

hasil masakan tersebut disalurkan ke beberapa mesjid, satu hari bisa membuat nasi Box mencapai 350 box Nasi, tergantung hasil donasi tersebut kadang juga bisa mencapai 370 box nasi. Alhamdulillah hari ini bisa membuat box nasi mencapai 370 box nasi, 150 box disalurkan ke Pesantren Al Muhaemin, 100 box ke mesjid Al Ishlah, 100 box ke mesjid Hidayatussalam, dan 25 box nasi dibagikan ke Yatim Piatu.

BACA JUGA :  Komunitas Sayapku Salurkan Sembako Untuk Jompo Warga Hulu Kuantan

Saat kami temui Evi (25/02/2022) mengatakan bahwa ini hanya skup desa, dan Evi berharap ke depan bisa berkontribusi untuk bisa menyentuh seluruh masjid yang ada di wilayah kecamatan Mangunjaya. dan untuk kedepannya kami mempunyai program bahwa nasi box tersebut tidak ke mesjid mesjid saja, inysa alloh akan disalurkan pula ke santri-santri ( Pesantren) ucapnya. (N. Nurhadi)