free stats
Daerah  

Nama Aparatur PNS yang Sudah Meninggal Ada Dalam Konsideran Pelantikan di Dairi, Ada Apa..?

Dairi, LENSANUSANTARA.CO.ID – Ada hal menarik dan janggal dalam Surat Keputusan Bupati Dairi Nomor 132/821.15/III/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dalam Jabatan Kepala UPT Satuan Pendidikan Formal dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi, tertanggal 01 Maret 2022.
Dimana dalam Surat Keputusan tersebut nama Sanggian Tarigan S.Pd Kepala UPT Satuan Pendidikan SD 034303 Sopobutar yang telah meninggal dunia pertengahan Februari sebelum Surat Keputusan Bupati tersebut terbit 1 Maret 2020.


Hal ini menjadi sorotan masyarakat dan menimbulkan pertanyaan, bagaimana bisa seorang Kepala Sekolah yang telah meninggal dunia, dipindah tugaskan menjadi Guru di Sekolah lain.
Saat hal ini ditanyakan.

BACA JUGA :  Kiprah Kades Taman Membantu Warga Dalam Pemasangan Paving

LENSANUSANTARA.co.id kepada Dapot H. Tamba, Kepala BKPSDM Kabupaten Dairi, Dapot mengatakan kalau mutasi yang diberikan kepada almarhum Sanggian adalah untuk membantu keluarga nya agar tidak terlalu jauh mengurus segala berkas berkas almarhum Sanggian apabila telah pensiun nantinya. Karena keluarga almarhum Sanggian berdomisili di Desa Palipi. Dan BKPSDM juga sekaligus menindak lanjuti Surat Pengusulan mutasi atau Surat Pengusulan Pindah dari Dinas Pendidikan Kab. Dairi atas nama Sanggian Tarigan S.Pd.

BACA JUGA :  Diduga Stres Kambuh, Pemuda di Situbondo Bakar Rumah Warisan Orang Tuanya


Saat lensanusantara.co.id menanyakan apakah Aparatur PNS yang sudah meninggal masih bisa dimutasi dan almarhum Sanggian seharusnya pensiun sebagai Kepala Sekolah, Dapot H. Tamba sempat terdiam sambil menundukkan wajah.


“Yah., saat kami merumuskan mutasi tersebut kami belum mengetahui kalau Sanggian Tarigan sudah meninggal dunia.” Jelasnya.


Yang mana hal ini adalah menjadi salah satu tugas pokok dari BKPSDM, yang salah satunya dalam bidang Formasi dan Informasi Aparatur. Dimana BKPSDM tidak mengetahui salah satu Aparaturnya telah berkurang akibat meninggal dunia, yang kemudian memasukkan namanya dalam Konsideran atau Format Naskah Pelantikan.

BACA JUGA :  Antisipasi Tawuran Pelajar, Polres Bogor Gelar Patroli Gabungan Skala Besar


Belum diketahui langkah apa yang akan diambil Pemerintah Kabupaten Dairi kepada BKPSDM terkait kejadian memalukan akibat kelalaian yang dilakukan oleh BKPSDM Kabupaten Dairi, yang saat ini dipercayakan untuk dipimpin oleh Dapot H. Tamba.


Apakah akan dilakukan evaluasi?, belum diketahui. Namun menurut informasi yang didapat, kejadian memalukan ini akan segera diperiksa oleh tim Inspektorat Kabupaten Dairi.(Mula)