free stats

Asisten Administrasi Nugroho: Pembangunan Jalan di Tempat Relokasi Sumber Mujur, Sebelum Hari Raya Ini Harus Selesai

Lumajang, LENSANUSANTARA.CO.ID
Sejumlah infastruktur penunjang di tempat relokasi warga terdampak erupsi Gunung Semeru sudah mulai dibangun. Beberapa diantaranya, pemasangan jaringan aliran listrik, saluran air bersih, drainase dan pembangunan jalan lingkungan.

Saat dikonfirmasi di kantornya, Rabu (9/3/2022), Asisten Administrasi Sekda Kabupaten Lumajang
Nugroho Dwi Atmoko mengatakan, bahwa sudah ada progres pembangunan infastruktur penunjang kawasan relokasi. Namun, saat ini proses pembangunan infrastruktur itu masih dipusatkan di sebelah selatan, tahap pertama pembangunan huntara dan huntap (Dusun Kebondeli Selatan).

BACA JUGA :  Tidak Memiliki Izin Oprasi Galian C Berdampak Terhadap Pemukiman Warga

“Untuk infrastruktur penunjang pemasangan jaringan listrik sudah ada 97 tiang khusus di sebelah selatan tahap pertama, pembangunan jalan lingkungan dari konstruksi beton sudah dimulai, pembangunan jaringan air bersih dan pemasangan pipa air bersih serta saluran limbah domestik,” katanya.

BACA JUGA :  Gelar Apel Bersama Penanganan Covid-19, Bupati Bantaeng Tekankan Dua Hal Ini

Selain itu, dikatakan Nugroho, bahwa percepatan terus dilakukan oleh pemerintah maupun NGO atau relawan yang terlibat dalam pembangunan huntara dan huntap. Sesuai arahan Wakil Presiden RI beberapa waktu yang lalu, pembangunan kawasan relokasi tahap pertama ditargetkan rampung sebelum Hari Raya Idulfitri.

BACA JUGA :  Selama Tiga Hari Diskopar Probolinggo Berikan Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM di Hotel Sukapura

“Ini disiapkan dalam rangka sewaktu-waktu memindahkan pengungsi maka blok itu sudah siap dari sisi huntap dan huntaranya juga infrastruktur penunjangnya, sesuai arahan wapres targetnya selesai sebelum hari raya, atau awal mei,” ujar dia.

Menurutnya, target tersebut dirasa berat, namun pihaknya optimis masyarakat dapat segera bisa menempati huntara dan huntapnya sebelum perayaan Hari Raya Idulfitri nanti.(Dyah/Amir)