free stats

Bupati Trenggalek Tinjau Penyaluran BLT Dana Desa di Desa Boto Putih Kecamatan Bendungan

Trenggalek, LENSANUSANTARA.CO.ID – Didampingi Wabup Syah Natanegara, Bupati Trenggalek, Mochammad Nur Arifin beserta segenap jajaran meninjau penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa, di Desa Boto Putih, Kecamatan Bendungan, Selasa (8/3/2022).

Pemimpin muda Trenggalek itu senang dengan upaya percepatan penyaluran yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Boto Putih, pasalnya keberadaan BLT DD ini tentunya sangat membantu perekonomian masyarakat ditengah kondisi ekonomi yang sulit. “Saya senang ini percepatan penyaluran semoga bisa segera tersalur semuanya. Dan di Perpres 104 mininal dana desa 40% untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD,” ungkap pria yang akrab disapa Gus Ipin itu.

Dan disini lebih totalnya, sambung bupati yang getol memperjuangkan keseimbangan alam itu. “Rp. 590 juta untuk 166 KPM. Itu lebih dari total 40% dana desa, yang dimiliki Desa Boto Putih. Saya apresiasi kepala desa, karena benar-benar membantu masyarakat ini secara maksimal. Dari kuota 40% dimanfaatkan betul olehnya,” sambungnya.

BACA JUGA :  HUT BNN Ke-20, BNNK Way Kanan, Adakan Donor Darah & Pengobatan Gratis

Bisa kita lihat juga, yang mendapatkan rata-rata para lansia. Ini juga meransang kesadaran yang bagus, selain penyaluran BLT DD juga ada vaksinasi Covid 19 baik dosis 1, 2 maupun boster. Hari ini di kantor desa kita melakukan semacam one stop service, bagi BLT DD hingga percepatan vaksinasi.

Menghimbau masyarakat, Bupati Trenggalek itu berharap bantuan ini digunakan sebagaimana mestinya. “Seperti yang disampaikan Pak Wabup tadi, bantuan ini jangan digunakan untuk hal yang aneh-aneh. Harapannya memang ini untuk kecukupan gizi, menambah imun, vitamin dan juga penambahan lauk. Setelah ini BPS juga akan melaksanakan survey kemiskinan, harapannya ini bisa membantu menanggulangi keparahan kemiskinan di Kabupaten Trenggalek,” tandas Bupati Trenggalek itu.

BACA JUGA :  Penjemput Abu Bakar Baasyir dari Luar Bogor Wajib Tunjukan Hasil Test Rapid Antigen

Camat Bendungan Jatmiko, menambahkan kegiatan yang dilakukan di Desa Boto Putih itu merupakan penyaluran BLT dana desa. “Ini adalah BLT DD, berdasarkan Perpres 104 tahun 2021, setiap desa diamanahkan untuk mengalokasikan 40% dari dana desa mereka diperuntukkan BLT kepada masyarakat miskin,” ucapnya

Masih menurut Camat Bendungan itu, “hari ini ada 2 desa di kecamatan kami yang menyalurkan BLT dana desa. Diantaranya Desa Boto Putih. Hari ini untuk sebanyak 166 orang Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang masuk data BLT DD. Setiap KPM mendapatkan uang sebesar Rp. 900 ribu, sehingga nilqi total BLT di desa ini sebesar Rp. 597.600.000,” terangnya.

BACA JUGA :  Inspektur Daerah Bantaeng Bersama Kejari Bantaeng Pimpin Kerja Bakti

Selain Desa Boto Putih, Desa Srabah Kecamatan Bendungan juga menyalurkan bantuan yang sama dengan total BLT sebanyak 96 KPM dengan total nilai sebesar Rp. 345.600.000, tandas Jatmiko.

Kawis, salah satu warga yang menerima bantuan ini merasa senang bisa mendapatkan BLT dana desa. “Terima kasih atas bantuan yang diberikan, tentunya ini sangat membantu kami,” ujar Kawis dalam bahasa Jawa. (yanto)