Sidak SPBU di Sebagian Wilayah Jawa Timur, Wamen BUMN Pastikan Tidak Antrean

Situbondo, LENSANUSANTARA.CO.ID – Wakil Menteri (Wamen) Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pahala Nugraha Mansury, sidak ke SPBU di wilayah Jawa Timur tepatnya di SPBU 54.683.10 Banyuglugur Situbondo, Minggu 3 April 2022.

Sidak itu dilakukan, untuk memastikan kesiapan dan ketersediaan BBM di lapangan selama Ramadhan 1443 Hijriyah atau tahun 2022 ini.

Sidak Wamen BUMN tersebut didampingi Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, Deny Djukardi.

Wamen mengatakan, pihaknya ingin tau langsung disektor lapangan dan sekaligus mengawasi pasokan BBM produk gasoline seperti Pertalite dan Pertamax serta produk Gasoil yaitu Biosolar optimal ke masyarakat

“Kita memastikan suplai BBM berjalan dengan baik di bulan Ramadhan, dengan adanya peningkatan kegiatan ekonomi yang terjadi di wilayah Jawa Timur kita juga melakukan antisipasi terhadap kebutuhan BBM,” kata Pahala.

BACA JUGA :  Wabub Bantaeng Memaparkan Jawaban Eksekutif atas Pemandangan Umum Fraksi

Menurutnya, BBM khususnya yang disubsidi pemerintah yaitu Biosolar selalu tersedia dengan tepat sasaran di SPBU.

“Kami sebagai kepanjangan tangan pemerintah berharap penyaluran Jenis Bahan Bakar Tertentu (JBT) yaitu Biosolar dapat terus dipenuhi oleh Pertamina sesuai dengan kuota yang ditetapkan serta tepat sasaran,” ungkapnya.

Selain itu masih katanya, kalau pihaknya turun kelapangan tersebut untuk memastikan pelayanan SPBU menjelang mudik lebaran ini. Kita juga memantau persiapan mudik lebaran ini,”tegasnya.

Sementara itu, Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, Deny Djukardi, Pertamina Patra Niaga di Jatimbalinus memastikan kesiapan pelayanan di seluruh SPBU, Pertashop, SPPBE dan agen LPG.

BACA JUGA :  Inspektur Daerah Bantaeng Hadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Program Pemulihan Ekonomi Nasional

Saat ini terdapat 956 unit SPBU, 532 unit Pertashop, 124 SPPBE dan lebih dari 800 agen LPG PSO dan Non PSO yang siap melayani kebutuhan energi masyarakat di Jawa Timur.

“Sesuai arahan dari pak Wamen, kami memastikan ketersediaan dan penyaluran BBM di masyarakat tetap berjalan optimal. Saat ini stok di seluruh Terminal BBM dan Depot LPG aman dengan Coverage Days rata-rata selama 5-17 hari,”katanya.

“Terdapat 6 Terminal BBM dan LPG yang siap melayani kebutuhan masyarakat melalui SPBU dan SPBBE (stasiun pengisian pusat bulk elpiji) di wilayah Jawa Timur,”tambah dia.

BACA JUGA :  Monitoring BUMDesa Sempat Memanas, Pembina "Naik Darah" dan Menggebrak Meja

Demi memastikan ketersediaan stok dan mengoptimalkan penyaluran BBM serta LPG kepada masyarakat, Pertamina Patra Niaga di wilayah Jatimbalinus juga akan mengaktifkan pos layanan Satgas Ramadhan dan Idul Fitri 1443 H.

“Melalui Satgas RAFI (Ramadhan Idul Fitri) yang akan dimulai pada bulan Ramadhan, Pertamina Patra Niaga di Jatimbalinus berkomitmen memenuhi kebutuhan energi berupa BBM dan LPG sehingga konsumen tidak perlu khawatir. Namun, kami juga menghimbau jika konsumen mengalami kesulitan mendapatkan pasokan BBM dan LPG dapat menghubungi Pertamina Contact Center 135 atau informasi melalui aplikasi MyPertamina,” pungkasnya. (red)