Bupati Situbondo Naikkan Insentif Ribuan Guru PAUD, Ini Rinciannya

Bupati Situbondo
Bupati Situbondo saat membuka acara Gebyar Pendidik PAUD di GOR Baluran, Kamis (16/11/2023)

Situbondo, LENSANUSANTARA.CO.ID – Bupati Situbondo, Karna Suswandi kembali memberikan perhatian kepada guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kali ini orang nomor satu di Kota Santri Pancasila ini menaikkan insentif ribuan guru PAUD di tahun 2024.

Bupati yang akrab disapa Bung Karna ini menyampaikan, di tahun 2024, guru PAUD bakal menerima insentif Rp350 ribu per-bulan.

“Ini komitmen saya dan Nyai Khoi kepada guru PAUD. Padahal DAU kita terus mengalami penurunan, tetapi perhatian kami kepada guru PAUD tidak pernah pudar,” ujarnya usai membuka acara Gebyar Pendidik PAUD di GOR Baluran, Kamis (16/11/2023)

BACA JUGA :
Sambut Hari Kemerdekaan RI ke-78 dan Kibarkan Semangat, Bupati Bondowoso Bagi-bagi Bendera Merah Putih

Selama menjadi Bupati Situbondo, lanjut Bung Karna, dirinya sudah dua kali menaikkan insentif guru PAUD.

“Dari yang awalnya Rp150 ribu per-bulan, kami naikkan Rp100 ribu menjadi Rp 250 ribu per-bulan. Di tahun 2024 naik lagi Rp100 ribu. Sehingga nantinya guru PAUD akan menerima insentif Rp350 ribu per-bulan,” tegasnya.

Data dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) ada 1.826 guru PAUD di Situbondo. Sehingga untuk menaikkan insentif guru PAUD ini Pemkab Situbondo menggelontorkan anggaran Rp7,6 miliar lebih.

BACA JUGA :
Gubernur Jawa Timur Kunjungi Pasar Penarukan Situbondo, Pastikan Stok Sembako Aman Menjelang Lebaran

“Guru PAUD ini berperan besar dalam meningkatkan SDM anak-anak kita. Karena PAUD adalah cikal bakal dari kecerdasan anak-anak kita, anak-anak kita berakhlak juga ditentukan dari PAUD. Oleh karena itu, Pemkab Situbondo terus memperhatikan kesejahteraan guru-guru PAUD,” beber pria asal Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini.

Bung Karna, berharap dengan adanya kenaikan insentif ini bisa meningkatkan semangat guru PAUD dalam mengajar dan mendidik anak-anak Situbondo.

BACA JUGA :
Pemerintah Desa Tebat Ijuk Mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia ke-75

“Sehingga ke depan anak-anak kita menjadi anak-anak yang cerdas dan berakhlak,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI), Situbondo, Indah Ayuli mengapresiasi, kebijakan Bung Karna yang menaikkan insentif guru PAUD.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih, karena peningkatan insentif guru PAUD ini penyemangat bagi kami walaupun itu bukan tujuan utama kami,” ucapnya. (Bbg/ADV)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.