free stats

Bupati Pamekasan Sampaikan Beberapa Mutiara Hikmah Ramadhan

Pamekasan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Baddrut Tamam menyampaikan beberapa mutiara hikmah tentang ramadhan yang menjadi bulan suci bagi ummat muslim.

Bupati bersyukur kembali bisa menikmati indahnya bulan ramadhan dalam keadaan sehat, tanpa kendala apapun. Tetapi yang lebih penting lagi mampu menebar manfaat untuk kemaslahatan ummat.

BACA JUGA :  Libatkan Media, Pemkab Pamekasan Sosialisasikan Manfaat DBHCHT dan Tekan Peredaran Rokok Ilegal

“Sungguh kita ini wajib bersyukur bertemu dengan bulan ramadhan, Imam Al Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin membagi puasa dalam tiga kategori,” tuturnya, senin (11/04/2022).

Tiga ketegori itu meliputi, pertama, puasa umum, biasanya dijalankan oleh orang yang hanya mampu menahan lapar, serta mampu menahan minum. Kedua, puasa khusus. Yakni puasa untuk menahan diri tidak hanya dari makan atau minum saja, tetapi menahan diri dari pembicaraan, tangan, serta tubuh dari sesuatu yang dilarang oleh Allah SWT.

BACA JUGA :  Bupati Apresiasi Lomba Cosmis Plus ke - 3 di SMPN 5 Pamekasan

“Ketiga, puasa khusus sekali, yaitu puasa yang tidak hanya menahan lapar, dan sesuatu yang dilarang oleh Allah, tetapi menahan dengan tidak mau memikirkan sesuatu selain Allah SWT,” tandasnya.

BACA JUGA :  Kredit BJB Mesra Progam Kebijakan Gubernur Jawa Barat Membantu Masyarakat Usaha Kecil Tanpa Bunga dan Jaminan

Dia berharap mampu menjalankan puasa ramadhan sesuai kategori yang nomor tiga tersebut agar ibadah yang dijalankannya lebih bermakna.

“Mudah-mudahan ramadhan tahun ini kita bisa meningkatkan puasa kita menuju puasa yang paling khusus dengan memohon ridha dari Allah SWT,” tutup dia. (Rofiuddin)