free stats

Sukseskan PID 2022, Dinkes Jatim Gelar Lomba K2P, Bondowoso Masuk Lima Besar

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – Dalam rangka mensukseskan Pekan Imunisasi Dunia (PID) 2022, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur (Jatim) menggelar Lomba Kreasi Kader Posyandu (K2P) dalam rangka Pekan Imunisasi Dunia.

Kabupaten Bondowoso masuk dalam 5 (lima) besar kabupaten/kota se-Jawa Timur yang menjadi nominator untuk mengikuti seleksi tahapan berikutnya.

Hari Senin, 11 April 2022 bertempat di Aula Puskesmas Tenggarang dihadiri lintas sektor tingkat kecamatan dan lintas program terkait, baik dari puskesmas dan Dinas Kesehatan. Kader yang terpilih mengikuti seleksi presentasi hasil kreasi kader dalam mendukung program imunisasi melalui Zoom Meeting bersama Tim Juri Provinsi Jawa Timur.

Kader tersebut berasal dari Posyandu Kamboja 4 Desa Sumbersalam Kecamatan Tenggarang dengan judul “GEDOR PINTU KITA BARENG MUSPIKA” (Gerakan Door To Door Percepatan Imuniasi untuk Kesehatan Balita Bareng MUSPIKA). Dalam presentasinya kader posyandu mendapatkan dukungan sepenuhnya dari Tim tingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten.

“Pemenang lomba ini akan mewakili Provinsi Jawa Timur untuk maju ke Tingkat Nasional,” kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Bondowoso dr.Arief Sudibyo.

Dia menjelaskan, Lomba K2P tidak sekedar perlombaan. Lebih dari itu, Lomba K2P untuk membangun inovasi dan kreativitas kader posyandu dalam melayani masyarakat.

“Dengan krativitas dan inovasi yang sesuai dengan kondisi masyarakatnya saya yakin kesadaran masyarakat untuk membawa balitanya ke posyandu juga meningkat,’ katanya.

Lomba K2P yang mendukung program Imunisasi ini merupakan rangkaian kegiatan Pekan Imunisasi Sedunia tahun 2022 yang diselenggakan oleh Kementerian Kesehatan.

Lomba ini dimulai dari penilaian tingkat kecamatan, tingkat kota, tingkat provinsi dan selanjutnya tingkat nasional. (Ark)