free stats

Tangkal Hoax, Bupati Bojonegoro Ajak Siswa Berpikir Positif dan Berintegritas

Bojonegoro, LENSANUSANTARA.CO.ID – Generasi milenial perlu bekal cerdas dalam bermedia sosial. Memutus rantai informasi yang belum jelas kebenarannya menjadi tugas agen pejuang penangkal hoax.

Hal itu ditegaskan oleh Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah saat dialog interaktif dengan para siswa-siswi di SMAN 1 Balen. Dialog interaktif seputar cerdas bermedia sosial, ciri umum berita hoax, dan bagaimana menjadi orang yang memiliki energi positif.

“Seperti apa orang yang bisa dikatakan mengeluarkan energi positif? Tidak menyebar berita hoax, berpikir positif, bertanggung jawab dan juga berintegritas,” jelas Bupati saat berdialog dengan siswa, Kamis (22/9/2022). Kegiatan ini merupakan acara Dinas Kominfo terkait Peningkatan Literasi Digital Generasi Milenial bertema Pencegahan Berita Hoax.

Selain itu, lanjut Bupati, informasi bohong bisa melalui audio atau background pada foto. Orang yang menggunakan media dengan benar, lanjut Bupati, akan mencari sendiri mana informasi yang benar dan memuthakirkannya untuk mengumpulkan energi positif. Sementara itu, dampak energi positif dapat membawa pengaruh baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Sementara itu Dandim 0813 Letkol Arm Arif Yudho Purwanto dalam kesempatan yang sama menjelaskan hampir setiap detik informasi diterima. Untuk itu, jika ada informasi atau berita yang belum tentu kebenarannya, cukup berhenti di diri sendiri.

“Jadilah generasi yang sangat kompeten karena siswa saat ini hebat dengan teknologi. Jadilah pejuang penangkal hoax dan mencerdaskan bangsa. Saya yakin SMAN 1 Balen adalah bibit unggul pemuda Indonesia,” pungkasnya.

Setelah dialog, Bupati Anna dan rombongan melihat produk-produk unggulan dari SMAN 1 Balen. Mereka bersama-sama kemudian mendeklarasikan anti hoax. Dalam kesempatan ini, warga yang mengetahui informasi yang tidak jelas kebenarannya, bisa menghubungi Matur Pak Kapolres di nomor 0813-3366-2227.

Hadir dalam kegiatan ini, Kacabdin Provinsi Jawa Timur Wilayah Bojonegoro Adi Prayitno, Kepala SMAN 1 Balen beserta jajaran guru dan siswa kelas 11 dan 12, narasumber dari Kodim 0813 dan Polres Bojonegoro dan tamu undangan. (Muji)