Pemerintahan

Tingkatkan Keguyuban antar OPD, Gubernur Khofifah Gelar Qiyamul Lail dan Lomba Masak Bandeng Gresik

×

Tingkatkan Keguyuban antar OPD, Gubernur Khofifah Gelar Qiyamul Lail dan Lomba Masak Bandeng Gresik

Sebarkan artikel ini
Gubenur Jawa Timur
Gubenur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba masak antar OPD. ( Dok. Humas Pemprov Jatim. )

Surabaya, LENSANUSANTARA.CO.ID – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menggelar Qiyamul Lail dan Lomba Masak Bandeng di penghujung malam 29 bulan suci Ramadhan, Rabu (20/4/2023) pagi dini hari.

Diikuti oleh segenap Kepala OPD, Kepala Biro, serta dirut BUMD di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, acara tersebut diawali dengan rangkaian Qiyamul Lail yang dipimpin imam besar masjid Al Akbar KH. Abdul Hamid Al Hafidz kemudian dilanjutkan Lomba Masak Bandeng asli Kab. Gresik yang digunakan untuk santap sahur bersama.

Example 300x600

Gubernur Khofifah mengatakan, ikan bandeng yang digunakan sebagai bahan utama lomba ini merupakan hasil belanja di pasar Bandeng Gresik yang diselenggarakan setiap akhir bulan Ramadhan. Lelang sekaligus kegiatan transaksi di Pasar Bandeng yang telah berlangsung sejak zaman Sunan Giri tersebut dikatakannya merupakan penggerak ekonomi besar.

BACA JUGA :  Wali Kota Surabaya Berharap RPH Babi Banjarsugihan Tingkatkan Ekonomi Warga Sekitar

“Beragam komoditas, animo masyarakat tinggi, jadi menurut saya ini skala ekonomi luar biasa. Jadi lomba masak bandeng ini diharapkan menjadi bagian dari pelestari tradisi lelang bandeng Gresik,” ujarnya.

Lebih jauh, mantan Menteri Sosial RI itu menjelaskan bahwa 60% budidaya bandeng di Jawa Timur terdapat di Gresik. Barulah Sidoarjo, Lamongan dan kabupaten/kota lain menyusul setelahnya.

“Ini terlihat bagaimana ada semangat besar untuk membangun ekonomi, terutama di sektor budidaya perikanan. Saya berharap bahwa ini akan menjadi penguat dari seluruh sektor ekonomi yang akan terus digerakkan bersama,” tuturnya.

Setelah diberi waktu 30 menit dan seluruh peserta menyajikan hasil masakan olahan bandengnya masing-masing, para tim juri pun turun untuk mencicipi dan melakukan penilaian.

BACA JUGA :  Sambut HUT RI ke-78, Pemkab Rohil Gelar Pawai Obor

Tim juri yang terdiri dari Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim, serta Pakar Komunikasi Universitas Airlangga Suko Widodo tersebut menilai masakan para peserta dengan berdasarkan cita rasa, plating sajian, dan kekompakan tim.

Dari hasil penilaian tersebut, pemenang dibagi ke dalam 2 kategori. Yakni kategori cita rasa dan kategori kreativitas.

Juara pertama dari kategori cita rasa adalah Karo PBJ dan Karo Adm. Pembangunan, dilanjutkan dengan Pancawira Jatim sebagai juara dan Analis Kebijakan Ahli Utama sebagai juara ketiga.

Sedangkan, kategori kreativitas dimenangkan oleh Kadis Sosial dan Dinas Transmigrasi sebagai juara pertama, Kadis ESDM dan Inspektorat sebagai juara kedua, serta Bina Marga dan Cipta Karya sebagai juara ketiga.

BACA JUGA :  Buka Akhir Pekan, Layanan Paspor Simpatik Pasar Atom Mall Surabaya Diserbu Masyarakat

Masing-masing juara I mendapatkan hadiah berupa sepeda. Sementara, mereka yang menempati peringkat kedua mendapatkan kompor, dan juara III menerima kipas angin.

Wagub Emil, selaku ketua dewan juri menegaskan, kemampuan yang dimiliki para peserta terbilang hebat. Pasalnya, ia sendiri kesulitan menentukan juara lomba.

“Ini sudah kali kedua diinisiasi Bu Gubernur untuk lomba masak seperti ini. Jadi, ini gak kaleng-kaleng. Terus terang sulit untuk menentukan. Tapi tetap saya ucapkan selamat untuk yang menang, walaupun semua memang enak,” pungkasnya. (Mam)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.