Berita

Pilkades di Bondowoso Ditunda Hingga 2025, 20 Desa Akan Diisi PJ

×

Pilkades di Bondowoso Ditunda Hingga 2025, 20 Desa Akan Diisi PJ

Sebarkan artikel ini
Pilkades Bondowoso
Kadis PMD saat mengikuti rapat Pilkades di Peringgitan Bupati Bondowoso, Rabu (24/5/2023)

Bondowoso, LENSANUSANTARA.CO.ID – Sebanyak 20 kepala desa yang sudah mendekati akhir masa jabatannya terpaksa harus menunda untuk melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) sampai tahun 2025.

Example 300x600

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bondowoso, Haeriyah Yuliati, mengatakan dari 20 Kepala desa tersebut ada 16 Kades yang habis masa jabatannya pada bulan Desember 2023, dan empat Kades berakhir pada Januari 2024.

“Pilkades baru bisa dilaksanakan pada 2025 mendatang. Maka jabatan kepala desa akan diisi oleh penjabat (Pj),” ucap Haeriyah.

BACA JUGA :  Soal Tuntutan Warga Dalam Aksi Unjuk Rasa, Ini Jawaban Pemdes Sumuragung Bojonegoro

Haeriyah menuturkan, pemerintah daerah sudah menyediakan anggaran untuk pelaksanaan Pilkades. Tetapi ada moratorium atau penundaan, karena Pilkada dan Pemilu 2024.

“Kami menyampaikan kepada tim anggaran, bahwa Pilkades di Bondowoso masuk dalam kriteria moratorium” kata Haeriyah, usai menggelar rapat Pilkades bersama Forkopimda, di Peringgitan Bupati Bondowoso, Rabu (24/5/2023).

Sementara itu, Ketua DPRD Bondowoso, Ahmad Dhafir mengatakan, berdasarkan surat edaran (SE) Mendagri, terdapat dua hal yang harus dipenuhi sebelum melaksanakan Pilkades. Yakni menyiapkan anggaran dan melakukan rapat antar Forkopimda.

“Pilkades paling lambat dilakukan pada 1 November mendatang, namun pemerintah tidak menyiapkan APBD untuk pelaksanaan Pilkades, ” ujar Dhafir.

BACA JUGA :  Kecelakaan Tunggal Dumtruk Bermuatan Pasir Dijalan Bukit Senteong Kota Sungai Penuh

Selanjutnya, kata Dhafir, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) sudah menyiapkan draft rencana tahapan Pilkades. Akan tetapi berdasarkan regulasi terkait tahapan yang ada, ternyata pelaksanaannya baru bisa dilaksanakan pada 2 November mendatang.

Oleh karena itu Kabupaten Bondowoso tidak bisa menggelar Pilkades pada tahun ini dan menunda hingga selesai Pemilu dan Pilkada serentak.

Selain itu, lanjut Dhafir, pemerintah tidak menyiapkan APBD untuk pelaksanaan Pilkades dan jika dilaksanakan akan berbenturan dengan regulasi. Sehingga Pilkades ditunda.

BACA JUGA :  SatLantas Polres Bondowoso bersama KB Samsat Berikan Sosialisasi di Kampung Tangguh Desa Kabuaran Maesan

Menurut Dhafir, penundaan tersebut untuk menciptakan situasi yang kondusif ditengah-tengah masyarakat karena menjelang tahun politik yakni Pileg-Pilpres dan Pilkada.

“Harus kondusif saat pesta rakyat, ketika memilih wakilnya,” pungkas Dhafir.

Sebagai informasi, pemilu serentak yakni Pileg-Pilpres akan digelar pada 14 Februari 2024, sedangkan Pemilihan calon Bupati di Bondowoso diperkirakan Oktober-November 2024.(Ubay)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.