Pemerintahan

Tangani Permasalahan Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha di Tapsel, Pemkab dan Kejari Tandatangani MoU

×

Tangani Permasalahan Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha di Tapsel, Pemkab dan Kejari Tandatangani MoU

Sebarkan artikel ini
Bupati Tapanuli Selatan
Bupati Dolly dan Kajari Tapsel teken nota kesepahaman, di Aula Sarasi, Lantai III, Kantor Bupati setempat, Sipirok, Rabu 24/05/2023 (Foto : Dok Prokopim Tapsel)

Tapanuli Selatan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Dalam rangka menangani permasalahan hukum di Tapanuli Selatan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) menandatangani nota kesepahaman atau Momerandum of Understanding (MoU) di Aula Sarasi, Lantai III, Kantor Bupati Tapsel, Sipirok, Rabu (24/5).

Dalam sambutannya, Bupati Tapsel H. Dolly Pasaribu menyampaikan apresiasi atas penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dengan Kejaksaan Negeri yang dimana bertujuan untuk dapat menangani bersama-sama terhadap permasalahan hukum di bidang perdata dan tata usaha negara yang dihadapi oleh Pemkab Tapsel.

Example 300x600

“Dengan ditandatanganinya nota kesepahaman (MoU) ini diharapkan penyelesaian masalah hukum di bidang perdata dan tata usaha negara akan lebih cepat dan tepat sasaran,” ujar Dolly.

BACA JUGA :  Tingkatkan UMKM Tapsel Agar Lebih Baik, Rosalina Ikuti Rakerda Dekranasda Sumut 2024

Bupati Dolly juga berharap dengan adanya MoU antara Pemkab Tapsel dengan Kejari, maka informasi dan koordinasi serta komunikasi yang baik bisa berjalan dengan semestinya sehingga dapat memberi dampak positif bagi pembangunan di Kabupaten Tapsel.

Sementara Kajari Tapsel, Siti Holijah Harahap mengatakan, bahwa seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Tapsel bisa langsung bertanya kepada Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) terkait permasalahan hukum yang dimana kerahasiaannya telah terjamin.

BACA JUGA :  Wabup Rasyid Pinta JCH Doakan Tapsel Lebih Baik di Masa Mendatang

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) dan Aparat Penegak Hukum (APH) oleh Bupati Tapsel bersama Kapolres dan Kajari.

Setelah itu dilakukan penyerahan piagam penghargaan atas peran serta dan keberhasilannya dalam melakukan penyelamatan kerugian negara dari dugaan tindak pidana korupsi di wilayah hukum Polres Tapsel oleh Bupati kepada Kapolres Tapsel, Inspektur Tapsel, Kasat Reskrim Polres Tapsel, Kanit III Tipidkor Sat Reskrim bersama dengan 3 orang anggota unit III Tipidkor Sat Reskrim.

Lalu, Sekretaris Inspektorat Tapsel, Irban Wilayah 1, Irban Wilayah 4, Kasubbag Umum dan Kepegawaian, 2 PPUPD Madya, auditor muda beserta 2 PPUPD muda dan auditor pertama.

BACA JUGA :  Bupati Sebut Angka Kemiskinan Menurun dan IPM Tapsel Lampaui Target

Kemudian piagam penghargaan juga turut diberikan kepada Polres Tapsel dan juga Kejari atas dukungannya pada pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak se-Kabupaten Tapsel Tahun 2022 yang berjalan aman, damai dan kondusif.

Turut hadir Bupati Paluta, Forkopimda Tapsel, Pj Sekda Tapsel, Sekda Paluta, para Asisten, Staf Ahli Bupati, pimpinan OPD Tapsel dan Paluta, serta Kepala Bagian dan Camat se-Tapsel. (A Hanafi Nst)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.