Pemerintahan

Bupati Dolly Hadiri Pemilihan Putri Pariwisata Tapsel Tahun 2023

×

Bupati Dolly Hadiri Pemilihan Putri Pariwisata Tapsel Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
Bupati Tapanuli Selatan
Pemilihan Putri Pariwisata Tapsel Tahun 2023 digelar dan di hadiri Bupati Dolly, di Gedung Serbaguna, Komplek Perkantoran Pemkab Tapsel, Sipirok, Kamis 08/06/2023 (Foto : Dok Prokopim Tapsel)

Tapanuli Selatan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu berharap agar Putri Pariwisata terpilih agar lebih kreatif dan inovatif untuk mengembangkan promosi pariwisata di Tapanuli Selatan, ujar Dolly saat menghadiri Grand Final Pemilihan Putri Pariwisata Tapanuli Selatan Tahun 2023 bersama Ketua TP PKK Kabupaten Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu di Gedung Serba Guna, Komplek Perkantoran Pemerintahan Tapanuli Selatan, Kamis (8/6/23).

Dikesempatan itu, Dolly mengatakan, bahwa alam Tapsel yang indah ini serta sumber daya alam yang melimpah merupakan sebuah anugerah dari yang maha kuasa.

Example 300x600

“Sehingga calon generasi kita harus dikembangkan dengan inovasi-inovasi dan ide kreatif yang mereka punya,” kata Bupati.

Dolly menyatakan, baru-baru ini ia bertemu dengan beberapa investor dari berbagai negara, Singapura, Malaysia, Taiwan, Inggris dan Jerman dalam suatu acara. Beberapa investor tertarik dengan potensi pariwisata di Tapanuli Selatan, meski mereka perlu diyakinkan keamanan akan investasi mereka.

Oleh karena itu, Dolly berharap kepada calon Putri Pariwisata Tapanuli Selatan Tahun 2023 agar memiliki ide serta inovasi yang membangun untuk dapat menggali lebih dalam lagi potensi wisata yang ada di Tapanuli Selatan.

BACA JUGA :  Bupati Dolly Jadi Irup HAB Ke-77 Tahun di Tapsel

Dolly menyampaikan sudah waktunya masyarakat diedukasi agar menjadi sadar akan wisata, selain menggunakan platform berbagai media sosial.

Sehingga dampak dari pariwisata pun dapat dirasakan dengan meningkatnya perekonomian ataupun UMKM Tapsel yang sejalan dengan visi Tapanuli Selatan yang maju berbasis sumber daya manusia pembangun yang unggul, sehat, cerdas, sejahtera serta sumber daya alam yang produktif dan lestari.

“Disamping itu harapan kami, agar event seperti ini mampu menjadi wadah bagi putri-putri se-Kabupaten Tapsel untuk menyalurkan bakat dalam jalur prestasi. Bukan dalam ajang kecantikan saja namun pemilihan Putri Pariwisata ini dapat melatih para adik-adik finalis untuk terbiasa berpikir kritis, inovatif dan kreatif dalam bidang promosi dan sosialisasi pesona Pariwisata Kabupaten Tapanuli Selatan,” ujar Dolly.

Dolly juga menambahkan bahwa teknologi yang canggih sangat dapat dimanfaatkan untuk menarik para wisatawan agar berkunjung ke Tapsel mengingat sekarang ini semua kalangan sudah menggunakan sosial media.

“Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, tentunya kita dapat memanfaatkan keterampilan untuk mengakses teknologi digital yang dikolaborasikan dengan kreatifitas yang sifatnya kekinian, sehingga potensi wisata Tapanuli Selatan dapat diakses oleh segala penjuru,” terang Bupati.

BACA JUGA :  Jelang Hari Raya Nyepi, Bupati Blitar Hadiri Pawai Ogoh-ogoh di Wlingi

Pada kesempatan itu Dolly juga menyampaikan bahwa Pemkab Tapsel telah mengirim anak-anak santri juga anak-anak SMK dalam program Santripreneur dan SMK Bisa!” dimana program tersebut dapat mengasah pola pikir anak-anak santri dan SMK sehingga dapat memanfaatkan beberapa potensi ekonomi maupun UMKM di Tapsel.

Dalam hal ini Dolly berpesan bahwa siapapun yang terpilih agar menjadi Putri Pariwisata yg aktif berkarya, berinovasi serta berkontribusi dalam kemajuan Pariwisata Tapsel.

Sebelumnya, Kadis Pariwisata Tapsel Abdul Saftar Harahap dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari Pemilihan Putri Pariwisata Tapanuli Selatan Tahun 2023 ini agar para generasi muda dapat memiliki kesadaran untuk memperkenalkan objek wisata serta produk UMKM Kabupaten Tapsel ke kancah nasional hingga mancanegara.

“Peserta pemilihan Putri Pariwisata Tapanuli Selatan tahun 2023 berasal dari beberapa kecamatan dengan pendidikan yang berbeda dengan usia mulai dari 18 tahun hingga 25 tahun dengan bebas, tidak harus mewakili kecamatan,” jelas Saftar.

Saftar juga menerangkan rangkaian prosesi pemilihan Putri Pariwisata Tapsel 2023 dengan melalui banyak proses. “Seleksi pemilihan Putri Pariwisata Tapsel tahun 2023 memiliki beberapa tahapan-tahapan kegiatan yang harus diikuti oleh para finalis yakni melalui tahap audisi, seleksi administrasi, kemudian unjuk bakat,” terang Saftar.

BACA JUGA :  Direspon Positif Masyarakat, Program Jumat Barokah Satreskrim Polres Kampar Terus Berlanjut

“Sementara untuk 15 finalis akan mengikuti masa karantina selama 3 hari dan selama grand final, 15 finalis dapat menunjukkan penampilan terbaiknya sehingga dewan juri dapat menentukan yang menjadi Putri Pariwisata Tapanuli Selatan tahun 2023, ungkap Saftar.

Adapun hasil penilaian dari juri selama masa karantina dan malam puncak Grand Final Pemilihan Putri Pariwisata Tapanuli Selatan Tahun 2023 telah menetapkan bahwa perwakilan dari Kecamatan Batang Toru terpilih sebagai pemenang Putri Pariwisata Kabupaten Tapanuli Selatan tahun 2023.

Setelah itu dilanjutkan dengan penyematan mahkota, selempang, penyerahan uang pembinaan, tropi serta bucket bunga oleh Ketua TP PKK Tapsel Ny. Rosalina Dolly Pasaribu yang didampingi Bupati Dolly Pasaribu kepada Putri Pariwisata Tapanuli Selatan 2023 terpilih.

Turut hadir, Pj Sekda Tapsel, Asisten, Staf Ahli Bupati, pimpinan OPD, Kepala Bagian, Camat se-Tapsel, Ketua DWP Tapsel, Ketua PKK Kecamatan se-Tapsel, serta orangtua dan keluarga dari para peserta. (A Hanafi Nst)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.