Scroll untuk baca artikel
Advertorial

Pengecekan Sekat Kanal, Wamen Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Lakukan Kunjungan Kerja di Kabupaten Pelalawan

×

Pengecekan Sekat Kanal, Wamen Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Lakukan Kunjungan Kerja di Kabupaten Pelalawan

Sebarkan artikel ini

Pelalawan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Kunjungan kerja Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Alue Dohong yang didampingi oleh Bupati Pelalawan H. Zukri, kunjungan kali ini untuk melakukan pengecekan sekat kanal di Parit Amir Kelurahan Teluk Meranti Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, pada hari Rabu, tanggal 14/6/2023.

Wamen juga menjelajahi Sungai Suaka Margasatwa Kerumutan dengan menggunakan spedboat dari Jembatan Lubuk Loga untuk melihat ikan hasil tangkapan nelayan di aliran Sungai SM Kerumutan, dalam kunjungan kerja ini juga dilakukan peninjauan Perbaikan Tata Kelola Air Lahan Gambut (Sekat Kanal), peninjauan Demplot Agroforestry dan Program Kampung Keliling (Proklim) yang nantinya sebagai bentuk dukungan dalam meningkatkan pemulihan fungsi ekosistem gambut yang berfungsi untuk menurunkan emisi gas rumah kaca.

BACA JUGA :
Peringatan Harjaprov PJ Bupati Bondowoso Terima Penghargaan dari Gubernur Jatim

“Apabila tidak kita tangani dengan baik, lahan gambut ini akan kering pada musim kemarau. Manfaat sekat kanal ini sangat baik dilakukan dalam memberi dukungan pencegahan kebakaran hutan dan lahan karena gambut cukup kuat menyerap air. Kami ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Pelalawan yang telah berupaya dalam pelaksanaan antisipasi kebakaran hutan dan lahan” kata wamen.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Pelalawan H. Zukri, mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kelestarian alam, supaya ekosistem yang ada di kabupaten pelalawan dalat terjaga dengan baik sebagaimana mestinya.

BACA JUGA :
Kadiv Humas Polri : Peduli Sesama, Alumni Akpol 1991 Sebar 25.600 Paket Sembako Dan Bantuan Modal Usaha

“Kepada masyarakat, mari kita bersama-sama menjaga dan melestarikan alam dan Suaka Margasatwa Kerumutan, karena ini adalah aset bagi anak cucu kita nantinya. Banyak kehidupan yang bergantung di Sungai Suaka Margasatwa Kerumutan ini. Jagalah alam kita, maka alam pun akan menjaga kita. Hiduplah saling berdampingan dengan alam agar hidup kita pun semakin damai” ujar Zukri.

Pada acara tersebut dihadiri oleh Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian LHK Sigit Reliantoro, Gubernur Riau yang diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Riau Mamun Murod, Kepala BBKSDA Provinsi Riau Genman Suhefti Hasibuan, Asisten I Setda Kabupaten Pelalawan Zulkifli, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pelalawan Eko Novitra, Kadis Pariwisata Kabupaten Pelalawan Dodi Asma Saputra, Kasat Pol PP Kabupaten Pelalawan T. Junaidi, Camat Teluk Meranti Raja Eka Putra, Kapolsek Teluk Meranti Iptu Rahmad Wahyudi, Koramil 015  Kuala Kampar Kapten Hendra P.Barus, Kepala Puskesmas H.Ns Kapri, S.Kes, Lurah Teluk Meranti T. Said Yusmar, Korwil Pertanian Tengku Indra, serta pimpinan perusahaan, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tamu undangan.

BACA JUGA :
Bupati Pelalawan Buka Secara Resmi Penumbangan Perdana Peremajaan Sawit Rakyat di Desa Surya Indah

Reporter : Noperius Zalukhu

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.