Berita

Roby Agusman Harahap Hadiri Penyembelihan 5 Ekor Hewan Kurban DPD Partai NasDem Padangsidimpuan

×

Roby Agusman Harahap Hadiri Penyembelihan 5 Ekor Hewan Kurban DPD Partai NasDem Padangsidimpuan

Sebarkan artikel ini
Ketua DPD Partai NasDem Padangsidimpuan
Ketua DPD Partai NasDem Padangsidimpuan, H. Roby Agusman Harahap, S.H, hadiri dan saksikan penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, di Masjid Al Hidayah, Kelurahan Padang Matinggi, Padangsidimpuan, Kamis 29/06/2023 (Foto : Istimewa/LensaNusantara)

Padangsidimpuan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah / 2023 Masehi dirayakan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kota Padangsidimpuan dengan kegiatan sembelih hewan kurban. Acara berkurban DPD Partai NasDem kali ini dengan menyembelih 5 ekor lembu untuk dibagikan kepada masyarakat. Kegiatan ini juga dilaksanakan di Masjid Al Hidayah, Lingkungan II, Kelurahan Padang Matinggi, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kota Padangsidimpuan, Kamis (29/06/2023).

Ketua DPD Partai NasDem Kota Padangsidimpuan H. Roby Agusman Harahap, S.H, menjelaskan keistimewaan Hari Raya Haji atau Idul Adha ini menurutnya adalah hari kesempatan untuk lebih mendekatkan diri pada Sang Khaliq dan lebih bertawakkal.

Example 300x600

“Hari ini merupakan kemuliaan bagi kita, momen terbaik untuk memperoleh kesempatan mensyukuri nikmat dan karunia dari Allah SWT. Diantaranya, kita mendapat sarana untuk berbagi antar sesama muslim, bukan hanya di sekitar kita berbagi itu tapi seluruh muslim melaksanakannya di seantero dunia,” terang Ketua DPD NasDem Padangsidimpuan.

BACA JUGA :  Mantan Asintel Kejati Kepulauan Riau Kini Nahkodai Kejari Padangsidimpuan

Lebih jauh Roby menerangkan, bahwa berkurban adalah kesempatan terbaik untuk menguji keimanan. Dia juga mengingatkan, Nabi Ibrahim AS diuji ketaqwaannya dengan mengurbankan anaknya Nabi Ismail AS. Tanpa ada keraguan dan ikhlas Nabi Ibrahim AS melaksanakannya dengan tulus.

“Allah SWT takkan memberi ujian bagi hamba-Nya diluar batas kemampuan manusia itu sendiri. Sama halnya dengan umat muslim juga diberikan rezeki yang berbeda-beda. Tentu perbedaan itu yang menjadi tolak ukur ujian keimanan kita. Dalam berkurban bagi yang mampu, kita dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban dengan iman yang ikhlas dan taqwa sebagai bukti kecintaan kita kepada Allah SWT,” papar Roby Agusman Harahap.

Roby Agusman Harahap juga menambahkan, Idul Adha dinamai juga Idul Nahr artinya hari raya penyembelihan. Dia mengatakan, hal ini untuk memperingati ujian paling berat yang menimpa Nabi Ibrahim AS. Akibat dari kesabaran dan ketabahan Ibrahim dalam menghadapi berbagai ujian dan cobaan, Allah memberinya sebuah anugerah, sebuah kehormatan “Khalilullah” (kekasih Allah).

BACA JUGA :  Polsek Mayang Gagalkan Penyelundupan Pengiriman 8 Ton Pupuk ke Madura

“Ujian untuk menyembelih anaknya Nabi Ismail AS, tapi di detik-detik terakhir tubuh Nabi Ismail AS diganti Allah SWT dengan domba, sebuah keajaiban atas ujian keimanannya.Perubahan apapun butuh pengorbanan dan kesabaran, tempat kita patuh dan berharap hanya pada Allah SWT merayakan Idul Adha, bukan dimaksudkan hanya berbagi daging kurban, tapi memaknai sejarah dan tujuan berkurban itu sendiri, bukan larut sebagai seremonial atau merayakan semata, tapi disitu terkandung makna ketaqwaan, kesungguhan keimanan,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Yoga Dwi Riandy, S.E, Sekretaris DPD Partai NasDem Padangsidimpuan sekaligus Bacaleg Dapil 3 Padangsidimpuan menjelaskan bahwa Kementerian Agama (Kemenag) RI menetapkan 10 Zulhijjah 1444 Hijriah jatuh pada hari Kamis 29Juni 2023. Dengan ditetapkannya awal Zulhijjah ini, maka Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah jatuh pada Kamis 29 Juni 2023.

“Di momen Idul Adha ini, mari kita kembali galakkan mencari ilmu dan makna kenapa harus berkurban hewan, dari aspek religius/ kajian Al-Qur’an dan aspek sosial. Disitu terkandung hikmah bagaimana berbagi dengan sesama. Aspek kesehatan yaitu berbagi protein daging dengan masyarakat awam.Janganlah kita larut dan sibuk dengan Idul Adha dalam konteks tradisi seremonial semata, tapi renungkanlah arti berkurban dan menyerahkan semuanya kepada Allah SWT. Semoga Hari Raya Kurban ini memberi kita hidayah dan pencerahan agar lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta,” tandas Yoga Dwi Riandy, Sekretaris DPD Partai NasDem Padangsidimpuan.

BACA JUGA :  47 Ekor Sapi Disembelih, Wali Nagari Bahagia Padang Galugua Pasaman Ikut Berkurban

Setelah pembagian daging kurban kepada masyarakat, acara diisi dengan makan bersama dengan segenap organ Partai NasDem. Turut hadir dalam acara itu, Ketua DPD Partai NasDem Padangsidimpuan beserta jajaran, DPC Partai NasDem se-Padangsidimpuan, Bacaleg NasDem dari 3 Dapil Padangsidimpuan, Garda Pemuda, Garnita dan undangan lainnya. (Andi Hakim Nasution)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.