Pemerintahan

Bupati Tapsel Panen Perdana Bawang Merah Bersama Koptan Tunas Muda Arse

×

Bupati Tapsel Panen Perdana Bawang Merah Bersama Koptan Tunas Muda Arse

Sebarkan artikel ini
Bupati Tapsel
Bupati Dolly Pasaribu panen perdana bawang merah koptan Tunas Muda, di Kecamatan Arse, Kabupaten Tapsel, Rabu 20/09/2023. (Foto : Dok Prokopim Tapsel)

Tapanuli Selatan, LENSANUSANTARA.CO.ID – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu panen perdana bawang merah di lahan Kelompok Tani (Koptan) Tunas Muda Kelurahan Arse Nauli, Kecamatan Arse, di Kabupaten itu pada Rabu (20/9/2023).

Dolly Pasaribu dalam sambutannya mengapresiasi kekompakan Koptan Tunas Muda yang telah sukses mengembangkan tanaman bawang merah tersebut.

Example 300x600

“Saya berterimakasih pada masyarakat Arse, Koptan Tunas Muda, yang telah mempunyai jiwa semangat dan kegigihan dalam menyukseskan pengembangan bawang merah ini,” ucapnya.

Lebih lanjut Dolly berharap kepada PPL agar senantiasa turun ke lapangan dalam melakukan pembinaan untuk mendorong kreativitas para petani, yang muaranya menghasilkan harmonisasi atau kesatuan yang sepadan di lingkungan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tapsel, Bismark Muaratua dalam laporannya menyebutkan, bahwa jenis bawang merah yang ditanam adalah jenis Batu Ijo dengan ukuran lumayan besar dari jenis bawang merah pada umumnya.

“Panen perdana di wilayah Arse ini, termasuk panen yang bagus. Dimana luas lahannya 1 (satu) hektar, kemudian umur bawang sejak ditanam sampai dipanen selama 75 (tujuh puluh lima) hari,” ungkapnya.

Bismark menambahkan, nanti hasil panen akan dijadikan bibit, lalu dipasarkan. “Maksudnya hasil panen ini tidak untuk kita pasarkan (Konsumsi), akan tetapi kita pasarkan (Bentuk Bibit), dan hasilnya akan dijadikan keperluan untuk tanaman selanjutnya, dan selebihnya masuk ke kas Koptan,” jelasnya.

Sedangkan Ketua Koptan Tunas Muda Johannes Siregar, sangat berbangga dan puas akan hasil tani mereka.

“Sangat memuaskan panen hari ini, tentunya tidak terlepas dari dukungan Pemkab Tapsel dalam hal ini Bupati Dolly Pasaribu, kami ucapkan terima kasih Pak,” ucapnya.

Selanjutnya acara panen dirangkai dengan penyerahan bantuan dari Dinas Pertanian Provinsi Sumut kepada Koptan berupa 1 (satu) ton Bibit Bawang Merah dan 4 (empat) ton Pupuk Organik.

Sedangkan dari Dinas Pertanian Tapsel berupa 2 (dua) Pasang Sprayer Elektrik, 5 (lima) bungkus Bibit Cabai Merah, dan 2 (dua) gulungan Mulsa Plastik yang diberikan kepada Koptan Tunas Muda. (A Hanafi Nst)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.