Advertorial

Salurkan BLT DBHCHT, Pemkab Situbondo Gelontorkan Anggaran 3,3 Miliar

×

Salurkan BLT DBHCHT, Pemkab Situbondo Gelontorkan Anggaran 3,3 Miliar

Sebarkan artikel ini
Pemkab Situbondo
Kepala Dinsos Situbondo, Timbul Surjanto (kanan) saat mengikuti sosialisasi pelaksanaan BLT DBHCHT Tahun 2023 (Prokopim Situbondo)

Situbondo, LENSANUSANTARA.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Sosial (Dinsos) bakal menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2023.

Menurut Kepala Dinsos Situbondo, Timbul Surjanto, Pemkab Situbondo menggelontorkan anggaran hingga Rp3,3 miliar lebih untuk merealisasikan program tersebut.

Example 300x600

“BLT DBHCHT ini merupakan bentuk kepedulian Bapak Bupati kepada buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok,” ucapnya melalui sambungan telepon.

Lebih lanjut, Timbul menyampaikan, BLT DBHCHT ini merupakan program tahunan Pemkab Situbondo. Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok.

BACA JUGA :  Peduli Korban Gempa Cianjur, WBP Rutan Situbondo dan Petugas Galang Donasi

“Sekarang harga kebutuhan pokok ini masih tinggi, terutama beras ya. Dengan adanya BLT DBHCHT ini diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat, khususnya penerima bantuan,” tegasnya.

Mantan Camat Kapongan ini mengatakan, nantinya ada 3.697 masyarakat penerima BLT DBHCHT. Dengan rincian buruh pabrik rokok sebanyak 151 orang, buruh pabrik rokok yang terkena PHK ada 10 orang, dan buruh tani tembakau sebanyak 3.539 orang. Kamis, 9/11/2023.

BACA JUGA :  Polda Jatim Periksa Saksi Pelapor Kasus Penggelapan dan ITE

“Para penerima BLT DBHCHT akan mendapatkan uang tunai Rp900 ribu. Itu selama tiga bulan. Yakni Oktober, November dan Desember. Jadi perbulan Rp300 ribu,” beber Timbul.

Saat ini, kata Timbul, pihaknya masih melakukan verifikasi lapangan data calon penerima BLT DBHCHT. Langkah tersebut dilakukan lantaran data calon penerima BLT DBHCHT dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertangan) membengkak.

“Data calon penerima BLT DBHCHT Tahun 2023 dari Dispertangan berjumlah 6487. Karena kuota penerima BLT DBHCHT ini 3697 orang, makan kami akan melakukan verifikasi lapangan.

BACA JUGA :  PJ Bupati Bondowoso Hadiri Peresmian 10 MPP oleh Menteri PANRB

Ditargetkan, pada tanggal 28 Oktober ini data hasil verifikasi lapangan calon penerima BLT DBHCHT sudah disetorkan ke Dinsos Situbondo. “Setelah itu, kami tinggal menyiapkan Perbup nya untuk ditandatangani oleh Bapak Bupati,” tutupnya. (Ark/ADV)

**) IIkuti berita terbaru Lensa Nusantara di Google News klik disini dan jangan lupa di follow.